Letak dan Luas Indonesia Materi Pelajaran Mapel IPS Kelas 7 Pertemuan Keempat

I. MATERI POKOK PEMBELAJARAN

Letak Dan Luas Indonesia

II. TUJUAN  PEMBELAJARAN

Setelah kegiatan Pembelajaran di laksanakan, peserta didik diharapkan dapat 

  1. Menyebutkan letak Indonesia secara astronomis dan geografis Indonesia
  2. Menjelaskan implikasi letak Indonesia secara geologis
  3. Menjelaskan batas-batas wilayah Indonesia

III. KEGIATAN  INTI  PEMBELAJARAN

Pengertian Letak Astronomis :

Adalah letak suatu tempat dilihat dari posisi garis lintang dan garis bujur. garis lintang, adalah garis - garis yang melingkari atau mengelilingi permukaan bumi secara melintang. Sementara garis bujur  adalah garis yang menghubungkan Kutub utara dan kutub selatan. Garis bujur bentuknya  vertikal.



Letak astronomis adalah letak suatu tempat berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Apakah RG Squad sudah mengetahui apa itu garis lintang dan garis bujur?

Garis Lintang adalah garis khayal pada peta atau globe yang sejajar dengan garis khatulistiwa. Berdasarkan garis lintang 6o LU (Lintang Utara) - 11o LS (Lintang Selatan), Indonesia berada di wilayah dengan iklim tropis yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. curah hujan tinggi
  2. terdapat hutan hujan tropis yang luas
  3. sinar matahari sepanjang tahun
  4. kelembaban udara yang tinggi
Sementara itu, garis bujur adalah garis khayal pada peta atau globe yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan bumi. Garis bujur berdampak pada waktu setempat suatu negara. Garis bujur 0o berada di Greenwich. Indonesia berada di garis bujur 95o BT (Bujur Timur) - 141o BT (Bujur Timur). Letak ini menyebabkan Indonesia memiliki tiga daerah waktu, yaitu:

a. Waktu Indonesia bagian Barat (WIB)

Daerah yang berada di Indonesia bagian barat memiliki selisih waktu +7 terhadap GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayahnya antara lain Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

b. Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA)

Wilayah Indonesia tengah memiliki selisih waktu +8 terhadap GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayahnya antara lain Bali, Nusa Tengara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Pulau Sulawesi, dan pulau-pulau kecil sekitarnya.

c. Waktu Indonesia bagian Timur (WIT)

Indonesia bagian timur memiliki selisih waktu +9 terhadap GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayahnya antara lain Kepulauan Maluku, Papua, Papua Barat, dan pulau-pulau kecil sekitarnya.

Letak Geografis Indonesia

Indonesia yang terletak di antara dua samudera besar mempunya dampak mendapat angin laut yang membawa banyak hujan. Hal ini pula yang menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis. Selain itu, letak geografis Indonesia juga menyebabkan Indonesia memiliki dua musim. Hal ini dipengaruhi oleh angin musim yang berhembus tiap enam bulan sekali.



Selain memiliki iklim tropis, tentu RG Squad tahu, ‘kan, bahwa Indonesia memiliki keragaman budaya dalam bidang seni, bahasa, peradaban, dan agama. Hal ini disebabkan oleh letak Indonesia yang berada di cross position. Maksud dari cross position ini adalah Indonesia berada di antara persilangan dari dua benua dan dua samudra, yaitu Benua Asia ke Benua Australia dan Samudra Hindia ke Samudra Pasifik. Selain itu, Indonesia memiliki mitra dagang dengan negara-negara sekitar karena lokasi yang strategis dan kegiatan perdagangan pun meningkat.

Letak Geografis, adalah letak suatu wilayah atau negara sesuai dengan kenyataan di permukaan bumi. Secara geografis, Indonesia berada diantara dua benua, yaitu Benua Asia yang terletak di sebelah utara Indonesia dan Benua Australia yang terletak di sebelah selatan Indonesia. Selain itu, Indonesia berada di antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik di sebelahtimur Indonesia dan Samudra Hindia di sebelah barat Indonesia.

Wilayah Indonesia juga berbatasan dengan sejumlah wilayah, baik wilayah negara atau samudra. Batas Indonesia juga dapat dilihat dari posisinya ( utara, selatan, barat, timur ), yaitu sebagai berikut :
  • Sebelah utara Indonesia, berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Filipina, dan laut cina selatan.
  • Sebelah Selatan Indonesia berbatasan dengan Timur Leste, Australia, Samudra Hindia.
  • Sebelah barat Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia.
  • Sebelah timur Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini 

Letak Geologis, adalah letak suatu wilayah beedasarkan struktur dan komposisi batuan yang membentuk bumi.


Letak Geologis Indonesia, sebagai berikut :
  1. Indonesia terletak pada tiga daerah dangkalan, yaitu : dangkalan sunda, dangkalan  sahul dan daerah antara dangkalan sunda dan dangkalan sahul. 
  2. Indonesia merupakan bagian dari dua buah rangkaian pegunungan besar di dunia, yaitu rangkaian Pegunungan Mediteran dan rangkaian Pegunungan Sirkum Pasifik.
  3. Indonesia terletak pada pertemuan lempeng litosfer, yaitu lempeng Indonesia – Australia yang bertumbukan dengan lempeng Asia.
Letak geologis ini menyebabkan Indonesia memiliki berbagai jenis tanah yang tersebar mulai dari daratan rendah sampai dengan daerah pegunungan. Keuntungan dari letak geologis seperti ini adalah beragamnya potensi sumber energi dan mineral.

Tugas  !
Baca dan Pelajari Materi diatas atau buku paket halaman 16 – 21 , untuk bahan Ulangan pada Pertemuan yang akan datang materi Pokok Letak dan Luas Indonesia.