Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat menjelaskan pengertian iklan, slogan dan poster
- Siswa dapat menjelaskan perbedaan iklan, slogan dan poster
- Siswa dapat menentukan unsur-unsur iklan, slogan dan poster
- Siswa dapat menyimpulkan informasi dan pesan dalam iklan, slogan dan poster
- Siswa dapat menentukan pola, struktur, dan kaidah kebahasaan iklan
- Siswa dapat membuat iklan
- Siswa dapat menyunting iklan
Pengertian Iklan, Slogan Dan Poster
Iklan adalah pemberitahuan yang bertujuan mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang/jasa yang ditawarkan
Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntutan (pegangan hidup); prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, dan sebagainya.
Slogan sering pula disebut motto atau semboyan.
Poster adalah plakat (kata-kata dan gambar) yang dipajang di tempat-tempat umum.
Perbedaan Iklan, Slogan Dan Poster
1. Iklan : memadukan gambar, kata-kata, gerak dan suara
2. Slogan : mengutamakan unsur kata-kata
3. Poster : mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata
Unsur - Unsur Pembentukan Iklan, Slogan dan Poster
Sumber : pemasang iklan/slogan/poster
Pesan : informasi yang disampaikan
Media : sarana yang digunakan
Penerima : masyarakat yang menjadi sasaran
Efek : perubahan sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, pola hidup pada penerima
Umpan balik : tanggapan, reaksi, atau respon yang dikehendaki dari penerima pesan.
Contoh Iklan, Slogan, Poster Dan Maksudnya
1. Iklan 1 : Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro
Maksudnya : Menawarkan, membujuk kepada masyarakat kalau membeli minuman agar memilih Teh Botol Sosro.
Iklan 2 : Satu sampah menimbulkan ribuan masalah
Maksudnya : Mengajak kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
2. Slogan : Buku adalah jendela dunia
Maksudnya : Mengajak kepada kita untuk lebih rajin membaca buku agar bertambah luas wawasan /pengetahuan kita
3. Poster : ( Ada gambar alat suntik, obat-obatan lalu diberi tanda silang ) Katakan TIDAK pada Narkoba
Maksudnya : Imbauan kepada masyarakat agar menjauhi narkoba.
Pola Struktur Dan Kaidah Kebahasaan Iklan
Pola-pola Penyajian Iklan
Berdasarkan media yang digunakan :
1. Iklan media cetak ( koran, majalah, tabloid ) :
a. Iklan baris
b. Iklan kolom
2. Iklan elektronik :
a. Iklan radio
b. iklan televisi
c. Iklan film
d. Iklan internet
Berdasarkan isinya iklan diklasifikasi dalam tiga jenis :
1. Iklan pemberitahuan
- Berisi pemberitahuan kepada khalayak tentang suatu peristiwa keadaan, atau hal lain.
- Biasa dipasang oleh perorangan, keluarga, perusahaan-perusahaan.
2. Iklan layanan masyarakat
- Berisi penerangan atau penjelasan kepada masyarakat oleh pemerintah
3. Iklan penawaran
- Berisi penawaran barang atau jasa
- Sering disebut juga dengan iklan niaga dan lowongan kerja
Struktur Teks Iklan
Untuk membuat suatu iklan yang baik dan benar perlu diperhatikan bagian-bagian iklan berikut ini :
- Judul yaitu bagian yang diletakkan paling atas, tetapi tidak semua iklan mencantumkan judul.
- Nama produk atau jasa yaitu nama produk (barang) atau jasa yang ditawarkan.
- Deskripsi yaitu bagian yang menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat (ditulis dengan menarik dan cara mendapat produk tersebut)
Kaidah Kebahasaan Iklan
- Menggunakan kata-kata yang bersifat persuasif, bujukan, atau dorongan.
- Menggunakan pernyataan yang bersifat imperaktif, yakni permintaan, ajakan, dorongan, atau larangan.
- Menggunakan bahasa yang sederhana, mudah diingat, dan mudah dipahami.
PEMBUATAN IKLAN
Untuk membuat iklan mengikutii langkah-langkah sebagai berikut :
- Mulailah dengan pernyataan yang menarik perhatian khalayak.
- Menawarkan solusi tentang suatu yang sekiranya dibutuhkan khalayak.
- Menunjukkan bukti, tidak boleh sekedar janji-janji.
CONTOH PEMBUATAN IKLAN
1. Pernyataan menarik
“Wajah anda berjerawat?”
2. Menawarkan solusi
Ramuan “Jamu Cantik” melenyapkan jerawat dalam waktu singkat.
3. Menunjukkan bukti
Jerawat akan lenyap dalam 30 hari, jika tidak uang anda kembali. Ribuan konsumen wajahnya kembali putih berseri setelah memakai produk kami.
PENYUNTINGAN IKLAN
Dalam kegiatan menyunting iklan, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :
- Apakah iklan itu memiliki struktur yang lengkap?
- Apakah informasi yang disampaikan mudah dipahami?
- Apakah kata-katanya ringkas dan persuasif?
- Apakah ilustrasinya memikat?
- Apakah iklan itu sudah sesuai dengan produk yang dijual serta sesuai pula dengan khalayak sasarannya?
Contoh iklan :
Satu pohon ditanam untuk kehidupan itulah perbuatan yang dilakukan daripada seribu pohon ditebang untuk tambang.
Iklan tersebut menggunakan kata-kata yang sulit dipahami, maka akan menjadi lebih baik apabila diubah sebagai berikut :
Satu pohon ditanam untuk kehidupan lebih baik daripada seribu pohon ditebang untuk tambang.
LATIHAN SOAL-SOAL IKLAN, SLOGAN DAN POSTER
I. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
- Jelaskan pengertian iklan !
- Jelaskan yang membedakan slogan dengan poster
- Jelaskan maksud iklan layanan masyarakat berikut ini ! Jauhi narkoba sebelum dunia menjauhimu
- Buatlah sebuah slogan yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan !
- Jelaskan maksud iklan baris di bawah ini !
Jl cpt,supra x 125 ‘ 12,bgs,ors,mrh htm,ad-kra,
tgn1,hrg 11jt neg,hub 081393279145
*** Selamat mengerjakan ***