Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika BAB IV

5.   Keberagaman Antargolongan

Manusia hidup bukan hanya dalam keberagaman suku, agama, dan ras, tetapi juga dalam keberagaman masyarakat. Keberagaman masyarakat di Indonesia dapat dilihat dari struktur masyarakatnya. 
Struktur masyarakat Indonesia menurut Syarif Moeis (2008) ditandai dengan dua ciri atau dua titik pandang :
Yaitu:
  1. Secara horizontal ditandai oleh kenyataan adanya kesatuan-kesatuan sosial berdasarkan perbedaan-perbedaan suku bangsa, agama, adat istiadat, dan kedaerahan. 
  2. Secara vertikal, ditandai dengan adanya lapisan atas dan lapisan bawah yang cukup tajam.
Dalam sosiologi, adanya lapisan dalam masyarakat itu disebut ”Social Stratification” atau kelas sosial. Adanya perbedaan kelas dalam lapisan masyarakat menyebabkan terjadinya penggolongan kelas-kelas secara bertingkat. 

Hal itu diwujudkan dalam kelas tinggi, kelas sedang, dan kelas rendah dengan ditandai oleh adanya ketidakseimbangan dalam pembagian hak dan kewajiban individu dan kelompok di dalam suatu sistem sosial.

Selain dilihat dari lapisan masyarakat atau kelas sosial, keberagaman masyarakat ditandai adanya segmentasi dalam bentuk kelompok-kelompok yang memiliki kebudayaan yang berbeda satu sama lain. 

Kelompok- kelompok tersebut dapat berupa kesatuan-kesatuan sosial dan organisasi kemasyarakatan. Adanya kelas sosial dan kesatuan sosial membentuk golongan-golongan di masyarakat.
Keberagaman antargolongan tidak boleh menyebabkan terjadinya perselisihan dan perpecahan di masyarakat. 

Adanya keberagaman antargolongan harus menjadi pendorong terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa, dan pendorong tumbuhnya kesadaran setiap warga negara akan pentingnya pergaulan demi memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa misalnya : golongan kelas tinggi membantu golongan kelas rendah.

Untuk pembelajaran daring pada pertemuan ini hanya sedikit melanjutkan materi sebelumnya.dipelajari lagi materi pertama dan kedua pada semester 2 ini, dan dikerjakan tugas-tugasnya  dibuku, dikumpulkan besuk ke sekolah setelah psbb sesuai jadwalnya nanti.untuk pertemuan selanjutnya ada jadwal ulangan bersama. Diharapkan anak-anak belajar supaya bisa mengerjakan di ukline.dan diharapkan nanti waktu ulangan semua anak mengerjakannya.

Selamat Belajar !