Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Menyimpulkan Isi Puisi Rakyat Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester Genap

 1. Menyimpulkan Isi Pantun

Pantun adalah jenis puisi lama yang setiap baitnya terdiri dari empat baris. Fungsi pantun sama, yaitu untuk mendidik sambil menghibur.

Melalui pantun, kita menghibur orang dengan permainan bunyi bahasa, menyindir (menegur bahwa sesuatu itu kurang baik) secara tidak langsung, atau memberi nasihat.

Isi Pantun terletak pada baris ketiga dan keempat. Oleh karena itu, simpulan yang dibuat harus berdasaarkan isi yang terletak pada baris 3 dan 4.

1.1. Contoh menyimpulkan Isi Pantun


2. Menyimpulkan Isi Syair

Isi syair terletak pada semua baris berupa kisah atau cerita. Bahasa yang digunakan biasanya berupa kiasan. Bahkan kiasan itu merupakan kunci utama dalam syair. Jadi, untuk menyimpulkan isi syair harus berdasarkan pada semua larik.
Macam-macam Syair antara lain syair Agama.  Hal ini muncul seiring dengan masuknya ajaran agama Islam ke Indonesia. Selanjutnya adalah Syair Kiasan. Syair ini syarat dengan kiasan dan bermaksud mengiaskan sesuatu hal.
Macam syair lainnya adalah syair Panji, romantik, sejarah, kehidupan, dan syair persahabatan. Ada juga macam syair berisi humor yang disebut dengan syair Jenaka.

2.1. Contoh Menyimpulkan Isi Syair


3. Menyimpulkan Isi Gurindam

Gurindam sarat dengan agama dan moral. Tak dimungkiri bahwa gurindam bagi orang dulu sangat penting dan dijadikan norma dalam kehidupan.
Di dalam gurindam terdapat dua baris, baris pertama berisi soal, masalah, atau perjanjian. Baris kedua berisi jawaban, akibat dari masalah atau perjanjian pada baris pertama.
Isi atau maksud gurindam terdapat pada baris kedua. Dan isi gurindam biasanya berupa nasihat, filosofi hidup atau kata-kata Mutiara. Oleh karena itu, fokuskan pada baris kedua jika kita akan menyimpulkan gurindam.

3.1. Contoh Menyimpulkan Isi Gurindam


Baca juga buku paket halaman 174 – 177

TUGAS 2
Buat syair pencegahan covid-19, boleh lebih dari satu bait, kemudian simpulkan isi syair tersebut.