Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kerja Sama dalam Berbagai Bidang Kehidupan di Masyarakat PPKN Kelas 7 Semester Genap

 Kerja Sama dalam Berbagai Bidang Kehidupan di Masyarakat


Menurut kodratnya, manusia adalah makhluk Tuhan yang paling mulia, karena dikaruniai akal pikiran. Manusia mampu bertindak dan bertingkah laku yang berbeda dengan para binatang yang hanya dikaruniai insting dan nafsu saja.



Manusia disebut juga sebagai makhluk pribadi dan makhluk social. Sebagai makhluk pribadi, manusia dituntut untuk selalu memperhatikan apa yang menjadi kepentingan pribadinya. Sebagai makhluk social manusia juga harus mau bergaul dengan orang lain dalam lingkungan masyarakat.

A. Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia merupakan hasil kerjasama rakyat yang berjuang mengusir penjajah dari bumi nusantara. Bangsa Indonesia meyakini bahwa kemerdekaan yang diraih atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan hasil kerjasama rakyat tanpa dibatasi oleh perbedaan suku bangsa, adat istiadat, agama dan Bahasa daerah.

Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia , diawali dengan kesadaran nasional akan persatuan dan kesatuan bangsa.

Persatuan adalah perserikatan, ikatan atau gabungan beberapa bagian yang sudah bersatu.

Persatuan dan kesatuan berasal dari kata satu yang berarti utuh tidak terpecah belah.

Kesatuan berarti keadaan yang merupakan satu kasatuan.

Persatuan mengandung arti “ bersatunya macam-macam corak yang beranegka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.”

Pembangunan nasional adalah usaha secara sadar untuk mewujudkan suatu masyarakat Indonesia yang adil dan  makmur berdasarkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945.

Tujuan nasional bangsa Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alenia ke empat yaitu:

  1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
  2. Memajukan kesejahteraan umum
  3. Mencerdaskan kehidupan bangsa
  4. Ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan social.

Semangat kerjasama dalam kehidupan dimasyarakat terwujud dalam kegiatan gotong royong yang sesuai dengan kehidupan budaya daerah.

Contoh nama  kegiatan gotong royong diberbagai daerah di Indonesia :

  • Manunggal sakato dari Sumatra barat
  • Sikaroban  dari daerah Palembang
  • Gugur gunung dari daerah Jawa
  • Mapalus dari daerah Minahasa
  • Subak dari Bali

Gotong royong merupakan ciri khas dan budaya masyarakat Indonesia yang didorong adanya kesadaran bahwa :

  • Manusia memerlukan bantuan orang lain dalam kehidupannya
  • Manusia dapat hidup secara wajar apabila bersama-sama dengan manusia lainnya

Bentuk kerjasama atau gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dapat Nampak dalam kehidupan social politik, ekonomi, keamanan dan pertahanan, dan kehidupan umat beragama. Nilai Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan merupakan nilai-nilai Pancasila yang mendasari kerjasama atau gotong royong dalam kehidupan bernegara.

1. Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Sosial Politik

Bentuk kerjasama dalam bidang politik salah satunya dapat dilihat dalam pelaksanaan pemilihan umum. Rangkaian tahapan pemilihan umum dimulai dari pendaftaran calon pemilih sampai dengan pelaksanaan memerlukan kerjasama yang baik di antara semua pihak.

Pangkal tolak pelaksanaan kehidupan social politik bangsa Indonesia adalh gotong royong yang tercermin dalam proses pengambilan keputusan di lembaga-lembaga negara dan organisasi masyarakat dengan cara musyawarah untuk mufakat.

2. Kerjasama dalam kehidupan Ekonomi

Dalam kehidupan ekonomi kerjasama digambarkan pada pasal 23A UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berbunyi, : Pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan undang-undang.

Pajak digunakan oleh negara untuk membiayai pembangunan nasional.

Koperasi merupakan usaha bersama, yang didirikan dari, oleh, dan untuk anggota atau masyarakat sekitar. Munurut Muhammad Hatta, koperasi merupakan soko guru perekonomian di Indonesia.

Koperasi memiliki keunggulan dibandingkan dengan badan usaha lainnya.diantaranya sebagai berikut:

  1. Dasar persamaan artinya anggota koperasi memiliki hak suara yang sama
  2. Persatuan, dalam koperasi setiap orang dapat diterima menjadi anggota tanpa membedakan agama, suku bangsa dan jenis kelamin
  3. Pendidikan, artinya koperasi mendidik anggotanya untuk hidup sederhana, tidak boros, dan suka menabung
  4. Demokrasi ekonomi, artinya imbalan jasa yang disesuaikan dengan jasa masing-masing anggota berdasarkan keuntungan yang diperoleh
  5. Demokrasi kooperatif artinya koperasi dibentuk oleh para anggota, dijalankan oleh anggota dan hasilnya untuk kepentingan anggota

Jawablah pertanyaan dibawah ini !

Sebutkan nama-nama gotong royong di daerah-daerah di Indonesia !