Menyanyi Dengan Lebih Satu Suara Materi Seni BUdaya Kelas 7 Semester 2

 BAB XI MENYANYI DENGAN LEBIH SATU SUARA

Bernyanyi merupakan aktifitas yang sering dilakukan oleh semua orang. Jika dilakukan secara perseorangan maka teknik yang dimiliki haruslah kuat sehingga karakter yang ditampilkan akan menjadi ciri penyanyi tersebut. Menyanyi selain dilakukan secara individu dapat juga dilakukan secara vocal grup. Penampilan vocal grup memerlukan kerja sama satu sama lain.

A. Bernyanyi Banyak Suara

      Vokal grup biasanya terdiri dari 3 sampai dengan 12 orang yang menyanyikan lbih dari satu suara. Ada paduan suara kecil yang anggotanya 12 samapai 28 orang dan paduan suara lebih dari 28 orang. Kita juga mengenal istilah lain, yaitu akapela, nasyid, dan lagu kanon. Akapela adalah bentuk vocal grup gaya kapel tanpa alat musik pengiring. Nasyid berasal dari Bahasa Arab ansyadayunsyidu yang artinya bersenandung. Lagu kanon adalah lagu yang dinyanyikan oleh dua atau lebih kelompok penyanyi dinyanyikandengan melodi salin kejar mengejar.

1. Berlatih Lagu Kanon

       Lagu kanon sering ditampilkan pada kegiatan pramuka. Pada latihan awal kita bisa memilih lagu yang pendek saja. Contoh Baoak Yakob ( Lagu Are You Sleeping).

2. Latihan Vokal

       Agar mutu suara baik, sebaiknya kamu melakukan Latihan vocal dan menerapan pernapasan diafragma.

3. Latihan vocal Grup dan Paduan Suara

a. Latihan Lagu Dua Suara

    Latihan lagu dua suara dapat dilakukan dalam dua kelompok. Kelompok pertama menyanyikan melodi suara pertama dan kelompok kedua menynyikan melodi suara kedua. Kelompok pertama perempuan dan kelompok kedua laki-laki.

b. Latihan Lagu Tiga Suara

      Latihan lagu tiga suara dinyanyikan dalam tiga kelompok. Melodi suara pertama dinyanyikan suara perempuan dengan suara tinggi, kelompok kedua oleh perempuan suara rendah dan kelompok tiga oleh laki-laki.

B. Uji Kompetensi

Pengetahuan

1. Jelaskan 4 syarat menyanyi secara vocal grup dengan baik dan benar

2. Jelaskan 2 manfaat dalam menyanyi secara vocal grup 

Ketrampilan

    Nyanyikan Lagu Mengheningkan Cipta, dan di video kemudian dikirim ke link SMP atau WA.