Materi Pelajaran IPS Kelas 9 Semester Gasal Pertemuan #1

Materi Pelajaran IPS Pertemuan #2

Untuk materi IPS  kelas IX semester gasal Kurikulum 2013 terdapat 2 Bab , yaitu :

1. Bab 1  : Interaksi Antarnegara Asia dan negara lainnya di dunia

2. Bab 2  : Perubahan sosial budaya dan globalisasi.

Marilah kita pelajari bersama materi bab I terlebih dahulu .

KD 3.1 . Menelaah perubahan keruangan dan interaksi antar ruang negara negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.

Pembahasan kita yang pertama adalah tentang letak dan luas benua asia dan benua lainnya di muka bumi . Tapi alangkah baiknya kita pahami dahulu apa itu benua ?. Benua atau kontinen merupakanhamparan daratan yang sangat luas dan pada bagian tengahnya bersifat kering karena tidak mendapat pengaruh angin laut yang basah dan lembab. Sejarah terbentuknya benua yaitu,  Kurang lebih 300 juta tahun yang lalu semua benua yang ada didunia masih menjadi satu benua besar yang disebut benua Pangea. Kemudian benua Pangea terpecah menjadi 2 bagian yaitu benua EurAsia dan Gondwana. Setelah itu kedua benua tersebut bergerak menjauh dan dalam kurun waktu yang sangat lama membentuk benua yang kita kenal seperti nsekarang ini. Sejarah terbentuknya benua  tersebut diatas merupakan teori Pergeseran Benua yang dikemukakan oleh Alfred Wegener.

Benua yang ada sekarang adalah : benua Asia, Amerika ( Utara dan Selatan ), Afika, Australia dan Eropa seta Antartika yang berada didekat kutub selatan yang tidak dihuni oleh manusia ?  Marilah kita pelajari satu persatu benua dan karakteristiknya, Dan kita mulai dari benua Asia.