Permainan Bola Kecil Tenis Meja Materi Pelajaran PJOK Kelas 8

 PERMAINAN BOLA KECIL TENIS MEJA

Sejarah tenis meja berawal di Inggris sekitar tahun 1800-an. Pingpong sebagai olahraga serius pada tahun 1922 , hasilnya terbentuklah Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF) tahun 1926. Olahraga ini menyebar di Jepang dan negara Asia lain. Jepang mendominasi olahraga ini tahun 1950 – 1960-an. Cina mengejar ketertinggalan sekitar tahun 1960-an dan 1970-an. Sejarah tenis meja masuk ke Asia melalui Republik Indonesia mendirikan PPPSI (Persatuan Pingpong Seluruh Indonesia), dan sejak saat itu berkembang pesat sampai sekarang.

A. Gerak Spesifik Pukulan dalam Permainan Tenis Meja

1. Gerak spesiifik pukulan backhand

Tahapan pelaksanaan :

• Posisi awal : melangkah , kaki kanan di depan dan kiiri di belakang (memukul dengan tangan kanan), badan agak condong ke kanan. Pandangan tertuju pada arah datangnya bola, kedua lutut agak direndahkan dengan sikap rileks.

• Gerakan : saat bola akan datang tarik bat ke samping melalui depan , badan ke arah belakang , kepala bat agak menghadap ke bawah dan pergelangan tangan lurus , saat bola memantul meja dan melambung , pukul bola dengan ayunan penuh dan bat menggesek bagian belakang bola.

• Akhir gerakan : lengan lurus ke depan  , berat badan pada kaki depan , dan pandangan mengikuti arah gerakan bola.

2. Gerak spesifik servis forehand topspin

Tahapan pelaksanaan :

• Persiapan : berdiri sikap melangkah (kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang) menghadap meja tenis meja , badan condong ke depan , bat dipegang dengan prinsip dasar shakehand grip di samping depan badan , bola diletakkan pada telapak tangan kiri di depan badan (dada) , pandangan tertuju pada arah gerakan.

• Gerakan : tarik bat ke belakang , lambungkan bola ke atas , saat bola turun pukul dengan bat dengan cara mengayun bat ke arah bola , hingga bat menyerempet bagian atas bola , dan bola memantul meja lalu melewati atas net.

• Akhir gerakan : gerakan tangan mengikuti arah gerak bola , pandangan mengikuti arah gerak bola

3. Gerak spesifik servis backhand topspin

Tahapan pelaksanaan :

• Posisi awal : berdiri sikap melangkah menghadap meja (kaki kanan berada di depan) , tubuh bagian atas seolah-olah menggantung di atas bola , bat menyilang depan badan , hingga bat berada pada posisi di bawah ketiak kiri , pandangan ke arah gerakan

• Gerakan : lambungkan bola ke atas , saat bola turun , pukul dengan bat , dengan cara mengayun bat kea rah bola , hingga bat menyerempet bagian atas bola , dan bola memantul meja lalu melewati net

• Akhir gerakan : gerakan tangan mengikuti arah gerak bola dan lurus ke depan , pandangan mengikuti arah gerak bola.  

B. Variasi Gerak Spesifik Pembelajaran Tenis Meja

Variasi dalam pembelajaran tenis meja adalah melakukan  satu bentuk Gerakan gerak spesifik dengan berbagai cara seperti melakukan gerak spesifik memukul bola forehand di tempat , sambil bergerak maju-mundur dan bergerak menyamping baik secara perorangan , berpasangan maupun kelompok.

Akhir dari pembelajaran variasi gerak spesifik adalah untuk meningkatkan pengetahuan , keterampilan , penanaman nilai disiplin , menghargai perbedaan , tanggung jawab dan kerjasama. 

1. Aktifitas pembelajaran melambung-lambungkan bola menggunakan bat

2. Aktifitas pembelajaran memukul bola menggunakan servis forehand topspin dengan bola tergantung

3. Aktifitas pembelajaran memukul bola menggunakan gerak spesifik servis forehand topspin ke arah dinding

4. Aktifitas pembelajaran memukul bola menggunakan gerak spesifik servis forehand topspin diarahkan ke teman

5. Aktifitas pembelajaran memukul bola menggunakan servis backhand topspin dengan bola tergantung

6. Aktiifitas pembelajaran memukul bola menggunakan gerak spesifik servis backhand topspin ke arah dinding

7. Aktifitas pembelajaran memukul bola menggunakan gerak spesifik servis backhand topspin diarahkan ke teman

C. Variasi Gerak Spesifik Permainan Tenis Meja

Variasi dalam permainan tenis meja bentuk gerakan gerak spesifik dengan berbagai cara seperti melakukan gerak spesiifik pukulan servis forehand dan backhand di tempat , bergerak maju-mundur dan bergerak menyamping baik secara perorangan , berpasangan maupun berkelompok

1. Aktifitas bermain pukulan servis forehand dan backhand topspin menyilang

2. Aktifitas bermain pukulan servis forehand dan backhand topspin lurus bidang servis

D. Aktifitas bermain pukulan tenis meja sederhana

Akhir dari pembelajaran bermain sederhana adalah mengkombinasikan gerak spesifik yang telah dikuasai untuk lebih meningkatkan pengetahuan , keterampilan , dan koordinasi gerakan , serta penanaman nilai disiplin , menghargai perbedaan , tanggung jawab dab kerjasama.

1. Aktifitas bermain 1 lawan 2 dengan menggunakan prinsip dasar pukulan servis forehand dan backhand

2. Aktifitas bermain 2 lawan 2 dengan menggunakan prinsip dasar pukulan servis forehand dan backhand topspin