PERTEMUAN
6
BAB
3
TRANSFORMASI
Pencerminan (refleksi)
Refleksi atau pencerminan merupakan satu jenis
tranformasi yang memindahkan setiap titik pada suatu bidang dengan menggunakan
sifat bayangan cermin dari titik titik yang di pindahkan
1. Pencerminan
terhadap sumbu -x titik koordinat bayangan adalah (x, -y)
2. Pencerminan
terhadap sumbu -y titik koordinat bayangan adalah (-x, y)
3. Pencerminan
terhadap titik asal 0(0,0) bayangan adalah (-x, -y)
4. Pencerminan
terhadap garis y = x titik bayangan adalah (y, x)
5. Pencerminan
tehadap garis y = -x titik bayangan adalah (-y, -x)
6. Pencerminan
terhadap garis y = h titik bayangan adalah (x, 2h – y)
7. Pencerminan
terhadap garis x = h titik bayangan adalah (2h – x, y)
Contoh
1. Tentukan
bayangan dari koordinat titik (-1,1),(-1,3) dan (6,3) direfleksikan atau
dicerminan terhadap sumbu -x
Rumus
Terhadap sumbu x(x,y) → x1
(x,-y)
Titikx (-1,1) → x1
(-1,-1)
Titik x (-1,3) → x1
(-1,-3)
Titik x (6,3) → x1(6,-3)
2. Soal
no 1 kalau dicerminkan terhadap sumbu -y adalah
Titik x (-1,1) → x1(1,-1)
Titik x (-1,3) → x1(1,3)
Titik x (6,3) → x1
(-6,3)
3. Soal
no 1 dicerminkan terhadap titik asal
Titik x (-1,1) → x1(1,-1)
Titik x (-1,3) → x1(1,-3)
Titik x (6,3) → x1
(-6,-3)
4. Soal
no.1 dicerminkan terhadap garis y=x
Titik x (-1,1) → x1(1,-1)
Titik x (-1,3) → x1(3,-1)
Titik x (6,3) → x1 (3,6)
5. Soal
no1 dicerminkan terhadap garis y = -3
Titik x (-1,1) → x1(-1,1)
Titik x (-1,3) → x1(-3,1)
Titik x (6,3) → x1
(-3,6)
6. Soal
no1 dicerminkan terhadap garis y= h
Rumus garis y = h →(x1,
2h – y)
Garis rumus y=2 →(x1, 2h-y)
Titik x(-1,1) →x1(-1,
2(2) -1 )
x1(-1,3)
titik x(-1,3) → x1(-1,
2(2) -3 )
x1(-1,1)
titik x(6,3) → x1(6,
2(2) -3 )
x1(6,1)
7. Soal
no 1 dicerminkan terhadap garis x=h rumus garis x =h →(2h-x,y)
Garis x=3 → (2h -x, y)
Titik x(-1,1) →x1(2,
(3)+ 1 ,1 )
x1(6 +1,1)
x1(7,1)
titik x(-1,3) → x1(2,
(3)+1 ,3 )
x1(6+1,3)
x1(9,1)
titik x(6,3) → x1(2,
(3)-6 ,3 )
x1(6-6,3)
x1(0,3)
kerjakan soal dibawah ini
1. Tentukan
bayangan dari koordinat titik (2,2), (7,4) dan (9,-2)
Terhadap
a. Sumbu
-x
b. Sumbu
-y
c. Titik
asal 0(0,0)
d. Garis
y =x
e. Garis
y= -x
f. Garis
y = 2
g. Garis
x = 3