Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Rendah Hati, Hemat dan Sederhana Membuat Hidup Lebih Mulia Materi Pembelajaran Mapel PAI Kelas 8

Rendah Hati, Hemat dan Sederhana Membuat Hidup Lebih Mulia

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh  

Pada pertemuan kali ini kita akan belajar bersama dalam materi Pendidikan Agama Islam Dan Budi pekerti dengan tema rendah hati, hemat dan sederhana membuat hidup lebih mulia.

Anak - anakku sekalian sebagai pemahaman awal mari kita pahami terlebih dahulu pengertian dari sikap - sikap mulia diatas.

Rendah Hati

Rendah hati adalah sikap diri yang tidak merasa lebih dari orang lain. Rendah hati disebut juga dengan tawadu’. Orang yang tawadu’ berkeyakinan bahwa semua kelebihan yang ada dalam dirinya sematamata merupakan karunia dari Allah SWT.
Ayat yang berkaitan dengan rendah hati yaitu Q.S Al-Furqan ayat 63


 
Artinya : 
Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati. Dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mngucapkan “salam”.

Makna nya apa ? Maksudnya adalah sikap rendah hati adalah sikap yang demikian mulia sebagaimana disebutkan oleh Allah dalam surah Al-Furqan tersebut. Sikap rendah hati akan membawa kita untuk selalu menunduk meskipun memiliki kemampuan lebih sekalipun. Bahkan dalam kondisi paling rendah seorang yang rendah hati tidak akan marah ketika dihinakan oleh seseorang.
Semoga kita selalu didekatkan dengan sikap rendah hati ini sehingga kita menjadi insan yang di sayang Allah. Aamiin.

Hemat
Hemat adalah sikap hidup yang mengandalkan diri sendiri untuk mencukupkan kebutuhannya, sehingga tidak boros dan tidak kikir. 
Ayat yang berkaitan dengan hemat adalah Q.S Al-Isra’ Ayat 27

 
Artinya : 
Sesungguhnya  orang-orang yang pemboros itu adalah saudara setan. Dan setan itu sangat ingkar kepada Tuhannya.

Dari ayat tersebut diatas dijelaskan bagaimana sikap kita sebagai seorang mukmin yang shaleh. Sikap hemat adalah salah satu sikap yang baik dan disukai oleh Allah. Ayat tersebut juga memberi gambaran bahwa sikap boros / tidak hemat itu lebih dekat dengan kebiasaan setan sehingga harus kita jauhi.

Hemat tidak sama dengan kikir ya anak - anak. Jika kikir itu lebih kesikap tidak peduli dengan keadaan sekitar meski mampu membantu. Sedangkan hemat adalah memanfaatkan / menggunakan sesuatu secukupnya saja sesuai dengan kebutuhan dan bahkan seminimal mungkin untuk kepentingan bersama utamanya.

Nah anak - anak sekalian, pada pertemuan kali ini kiranya cukup sekian dulu untuk materi kita. Untuk memperdalam pemahaman silahkan buka buku paket yang sudah kalian pinjam dari perpustakaan terkait tema yang kita bahas pada hari ini kemudian coba cari referensi dari buku dan sumber - sumber lain yang relevan tentunya. Kemudian coba kerjakan tugas dibawah ini didalam buku tulis dan nantinya akan menjadi tagihan pada pertemuan yang akan datang.

Tugas
Tulis kembali dalil tentang hemat dan rendah hati beserta terjemahannya dan hafalkan!

Sekian, terima kasih. Selamat Mengerjakan.

Wassalamu'alaikum wr. wb