Teks Deskripsi Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMPN 3 Mojogedang

Teks Deskripsi Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMPN 3 Mojogedang

Pada Pertemuan pertama ini mata pelajaran bahasa Indonesia akan membahas tentang Teks Deskripsi.

Teks Deskripsi Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7 SMPN 3 Mojogedang


Perlu diketahui bahwa pada semester gasal kelas 7 ini materi yang akan di bahas yaitu : 
  1. Teks Deskripsi
  2. Cerita Fantasi
  3. Teks Prosedur
  4. Laporan Hasil Observasi (Pengamatan)

Teks Deskripsi

Kompetensi Dasar

Setelah mengikuti materi ini siswa diharapkan mampu mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah). Yang secara rinci di sebutkan sebagai berikut:
  1. Menentukan ciri isi dan tujuan teks deskripsi
  2. Menentukan isi teks deskripsi
  3. Menelaah struktur dan bahasa teks deskripsi
  4. Menyajikan lisan dan menulis teks deskripsi

Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran pada materi teks deskripsi adalah sebagai berikut : 
Tujuan tersebut adalah menggambarkan ciri-ciri dari suatu objek, tempat, atau orang agar pembaca atau penyimak teks bisa membayangkan objek, tempat, atau orang yang dideskripsikan seolah-olah pembaca atau penyimak berhadapan atau pernah menyaksikan langsung hal yang dideskripsikan itu.

Pembahasan

Pengertian Teks Deskripsi

Teks Deskripsi merupakan sebuah paragraf  yang menggambarkan atau menjabarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca.
Sehingga pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks tersebut.


Ciri Objek Yang Dideskripsikan

Objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek yang lain). Objek yang dideskripsikan bersifat pendapat personal. Ciri ini tergambar pada judul berisi objek pada konteks tertentu ( Si Bagas Kucingku, Ibuku kebanggaanku). Hal yang dibicarakan khusus kucing bernama Bagas yang kemungkinan memiliki sifat berbeda dengan kucing-kucing yang lain. Demikian juga ibu yang dideskripsikan memiliki tanggapan khusus sesuai dengan pendapat penulis tentang ibu yang bisa jadi berbeda dengan ibu pada umumnya.


Ciri isi teks deskripsi

Isi teks deskripsi diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek.
Isi teks deskripsi menggambarkan secara konkrit (menggambarkan wisata yang indah akan dikonkritkan indahnya seperti apa, menggambarkan ibu yang baik akan dikonkretkan baiknya seperti apa). Dengan demikian, teks deskripsi banyak menggunakan kata khusus (warna dikhususkan pada kata hijau, biru toska, orange)
Isi teks deskripsi bersifat personal dengan kandungan emosi sehingga menggunakan kata-kata dengan emosi kuat (ombak menggempur, kemolekan pantai, ibuku yang tangguh)

Contoh Teks Deskripsi Keindahan Alam
Gunung Bromo adalah sebuah gunung dan pemandangan di sekitar yang sangat indah , sebuah gunung yang terletak di daerah Probolinggo.
Di sekitar gunung terdapat asap tebal membubung tinggi yang menyelimuti ujung gunung tersebut, burung burung beterbangan di sekitaran gunung tersebut.
Hamparan pohon hijau di lereng gunung, dan tampak dari kejauhan sungai yang mengalir dengan deras.
Suara-suara gemericik air menetes dari daun, cuaca di sekitaran gunung sangat dingin sekali. Melihat semua orang sedang beraktivitas  dengan pekerjaannya masing-masing.
Tampak ada yang sedang bercocok tanam, menanam sayur buah buah dan lain lain.
Terlihat di sebelah timur matahari terbit, sungguh indahnya melihat matahari terbit . Hamparan savana rumput yang sangat hijau , banyak juga orang yang sedang berkuda.
Menawarkan makanan ringan dan minuman, banyak juga orang yang sedang bermain offroad  dengan sepada motor trill nya.
Angin yang berhembus kencang menerbangkan pasir pasir di sekitar gunung. Terdapat tangga menuju puncak gunung , di puncak gunung muncul asap dari dalam gunung .
Setelah berwisata di gunung kami pun berkemas kemas untuk meninggalkan gunung bromo yang sangat indah.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Orang
Maudy Ayunda adalah seorang artis yang aku idolakan. Dia adalah seorang artis yang sangat cantik dan pintar. Dia telah membuatku jatuh cinta padanya sejak pertama aku melihatnya di TV.
Pertama kali aku melihatnya yaitu ketika dia mempromosikan produk kecantikan di sebuah iklan TV. Sejak itu juga, dia bermain film dan juga menjadi seorang penyanyi yang handal.
Suaranya sangat merdu, semua lagu yang dia nyanyikan pasti aku suka bahkan sejak pertama kali aku mendengarnya.
Maudy juga merupakan seorang seniman yang sangat peduli dengan pendidikannya. Aku mendengar bahwa sekarang dia sedang belajar di suatu tempat di universitas luar negeri.
Aku berharap dia akan segera membuat film dan lagu baru.
Artikel diatas merupakan hal-hal yang terkandung dalam teks deskripsi, semoga bisa menambah wawasan pembaca dalam memperdalam pelajaran
bahasa Indonesia dan juga bermanfaat untuk sumber referensi dalam mengerjakan tugas sekolah.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Benda
Dengan seiring berjalannya waktu, alat teknologipun juga ikut berkembang dengan sangat pesatnya. Hp, barang yang bentuknya kecil tapi sangat banyak manfaatnya.
Handphone, sebuah teknologi terkini yang sudah banyak digunakan di kalangan masyarakat terutama di kalangan remaja.
 Banyak sekali fungsi dari handphone salah satunya adalah untuk menelfon mengirim sms ataupun memainkan internet sayangnya handphone sudah disalah gunakan oleh kalangan remaja.
Handphone banyak ditemui di berbagai daerah maupun belahan dunia karena penciptaannya yang dapat mempermudah pekerjaan manusia.

TUGAS

  1. Apa yang kamu ketahui tentang teks deskripsi ?
  2. Apa tujuan menciptakan teks deskripsi ?
  3. Sebutkan ciri-ciri teks deskripsi !
  4. Deskripsikan tentang sesuatu yang kamu ketahui dan mudah untuk dituliskan !
Video Pembelajaran tentang materi teks deskripsi ini dapat kamu simak pada Channel Youtube Resmi sekolah berikut ini :