Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Internet Materi Pembelajaran TIK Kelas 9 SMPN 3 Mojogedang

Pengertian Dasar Internet


Sebelum mempelajari lebih jauh tentang Intenet, perlu diketahui tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang harus dikuasai setelah mempelajari materi ini.

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Internet Materi Pembelajaran TIK Kelas 9 SMPN 3 Mojogedang


Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari Bab ini siswa diharapkan memahami pengertian internet dan pengertian dasar sistem jaringan dan mempraktekkannya.

Kompetensi Dasar
Mampu menjelaskan tentang macam jaringan yang ada mulai dari yang terkecil sampai yang berskala global.
Menggambarkan topologi jaringan sesuai cakupannya.

Internet

Pengertian Internet (Inter Connected Network) adalah sebuah sistem jaringan komunikasi global yang menghubungkan komputer - komputer dan jaringan-jaringan komputer diseluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial (wilayah), hukum, dan budaya sebagai sarana komunikasi dan menyebarkan informasi secara uptodate.

Hal ini memungkinkan kita untuk selalu dapat terhubung dalam waktu yang tidak terbatas baik oleh ruang maupun waktu.

Jika kamu pernah menggunakan fasilitas video call misalnya, hal tersebut menggunakan koneksi jaringan ini.

Intranet

Pengertian Intranet (Intra Connected Network) yaitu sebuah sistem komunikasi jaringan antar perangkat akan tetapi hanya bersifat lokal dengan area tertentu sesuai yang di kehendaki.

Selain itu, sebuah jaringan yang bersifat intranet ini biasanya memang dirancang untuk di gunakan sebagai jaringan khusus dan hanya pengguna dengan hak akses terbatas.

Hal ini pastinya berbeda dengan jaringan internet yang dapat diakses secara publik oleh seluruh warganet di seluruh dunia sepanjang terhubung ke internet.

Manfaat Internet


Berikut ini adalah contoh pemanfaatan perkembangan internet dalam berbagai bidang, yaitu :

Bidang Pendidikan 

Perpustakaan Maya (Library Online) E-Learning
Perlu diketahui, saat ini hampir seluruh koleksi cetak berupa buku itu sudah tersedia format digitalnya. Artinya apa, hampir semua buku saat inisudah beralih media menjadi digital dan dapat diakses melalui berbagai gadget yang tersedia entah itu smartphone, pc, tablet dan lain sebagainya.

Belajar Jarak Jauh
Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran jarak jauh ini sama halnya seperti yang sudah kita akukan selama beberapa semester belakangan ini. Jadi baik guru maupun siswa menggunakan media internet untu berinteraksi baik mengirimkan materi pembelajaran, mengirimkan tugas, memberikan soal ujian dan begitu sebaliknya oleh siswa.
Pemanfaatan media ini dirasa efektif dimasa pandemi seperti sekarang ini.

Bidang Ekonomi dan Bisnis

Ketika kita berbicara mengenai ekonomi dan bisnis dan dikaitkan dengan internet maka kita sekilas mengingat dengan istilah E-Commerce.
E-Commerce adalah kegiatan transaksional dapat berupa perdagangan, jual beli, promosi dan sebagainya yang dilakukan melalui jaringan internet.

Meskipun sebagian orang merasa sistem securitasnya yang rentan, akan tetapi saat ini sudah banyak sekali yang menggunakan dan mempercayai jaringan internet ini untuk bertransaksi secara daring.
Apa keuntungan dari sisi ekonomi dan bisnis ini dengan perkembangan internet ?
Internet membantu dalam beberapa proses seperti transaksi pembayaran dengan digital money kemudian internet juga membantu kita untuk sistem advertisement nya, demikian juga untuk sistem reporting yang dapat dengan mudah dapat kita manfaatkan dengan media internet ini.

Bidang Pemerintahan

E-Government, jika di dunia bisnis dan ekonomi kita mengenal E-Commerce maka di dpemerintahan kita juga mengenal E-Govermeent. Sama fungsinya yaitu memudahkan pemerintah untuk memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat secara maksimal. Ii berarti berkaitan dengan efektif dan efisiensi layanan.

Bidang Sosial

Memberikan informasi macam kegiatan sosial yang telah, sedang dan akan dilaksanakan secara uptodate (terkini). Hal ini juga memungkinkan untuk kontrol sosial akan sebuahkegiatan yang memang bersifat publik dan khalayak harus tahu.

Bidang Keagamaan

Sarana diskusi, tanya jawab masalah agama, berbagai ilmu agama dan sebagainya

Sarana Hiburan 

Menyediakan fasilitas pilihan, seperti permainan, musik, video, dunia
intertainment.

Dampak Negatif Internet 

Cybercrime 

Kejahatan yang dilakukan seseorang dengan sarana internet, misalnya :
  • Hacking, yaitu Usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengekplorasi ataupun mencari kelemahan sistem jaringan
  • Cracking Usaha memasuki secara illegal sebuah jaringan dengan maksud mencuri, mengubah atau menghancurkan file yang di simpan pada jaringan tersebut

Penipuan

Dengan semakin majunya teknologi tentu tingkat kejahatan juga demikian, beberapa tindak kejahatan yang saat ini terjadi sudah sering dilakukan dengan memafaatkan media internet. 

Violence and Gore (Kekejaman dan Kesadisan)

Keterbukaan informasi dan sosialisasi di internet mengakibatkan penyebaran informasi yang tak terbendung, hal ini tidak terkecuali dengan informasi negatif diatas. Orang akan secara bebas mendapatkannya dan bahkan mungkin menirukan ha - hal yang seharusnya tidak boleh dilakukan.

Perjudian

Pada jaman dahulu perjudian lebih dapat di kontrol melalui petugas keamanan, akan tetapi untuk saat ini sepertinya tidak mungkin karena sudah berkembangnya teknologi, perjudian pun mengikutinya.

Pelanggaran Hak Cipta

Pelanggaran ini paling banyak dilanggar bagi mereka yang menggunakan karya orang lain sebagai milik pribadi dan terlebih mengkomersilkannya.

Demikian materi pembelajaran TIK untuk pertemuan kali ini terima kasih.

Tugas

1. Apa pengertian internet, jelaskan menurut pendapatmu !
2. Berikan contoh pemanfaatan internet dalam kehidupan sehari - hari !
3. Apa itu internet positif, berikan penjelasan dan satu contoh !
4. Apa yang kamu ketahui tentang istilah www pada jaringan ?
5. Sebutkan contoh pemanfaatan jaringan pada sistem jaringan lokal !

Petunjuk mengerjakan :
Tulis jawaban pada satu buah buku tugas untuk dikumpulkan saat masuk kesekolah sesuai jadwal.