Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teks Pidato Persuasif Materi Pembelajaran Mapel Bahasa Indonesia Kelas 9

Sebelum anak-anak mengerjakan tugas  pada pertemuan ke-4 kali ini, sekali lagi saya sampaikan contoh teks Persuasif

CONTOH TEKS PERSUASIF Yang terdiri dari 5 alenia


Judul 1 : Bahaya Merokok

Contoh Bagian 1.  Pengenalan isu

Rokok adalah kumpulan racun yang berbahaya bagi tubuh manusia. Bayangkan saja, dalam 1 batang rokok ternyata terdapat 4000 bahan kimia berbahaya. Diantara zat kimia tersebut, ada 200 zat beracun. Zat beracun yang paling banyak terkandung dalam rokok adalah nikotin dan tar. Semakin tinggi kandungan tar dan nikotin dalam sebatang rokok, maka akan semakin membahayakan tubuh.

Contoh Bagian 2.  Rangkaian Argumen

Merokok sama saja dengan menghisap racun. Perokok bisa terkena resiko gangguan kesehatan seperti kerusakan paru-paru, kerusakan sistem syaraf, cacat janin dalam kandungan, hingga resiko terkena kanker. Selain bagi perokok aktif, bahaya rokok juga turut mengintai para perokok pasif. Kelompok ini adalah mereka yang tidak merokok tapi ikut terpapar asap rokok dari perokok aktif.

Contoh Bagian 3.  Pernyataan Ajakan

Jumlah perokok pasif tentunya jauh lebih besar dibandingkan perokok aktif. Siapa saja bahkan bisa menjadi perokok pasif. Misalnya anggota keluarga dari seorang ayah yang perokok. Orang-orang yang berada di tempat umum juga bisa menjadi perokok pasif. Oleh karena itu kita harus lebih berhati-hati dalam bergaul dalam masyarakat yang majemuk ini. hindari asap rokok selama kita dalam pergaulan dengan masyarakat yang ada disekitar kita.  Kelompok perokok pasif ini bahkan memiliki resiko terkena dampak negatif rokok yang lebih besar dibandingkan perokok aktif

.Contoh Bagian  4.  Penegasan Kembali

Ada banyak perokok yang mengalami gangguan kesehatan, sakit kronis, bahkan sampai kehilangan nyawa hanya karena kebiasaan buruk ini. Ada banyak pula orang yang tidak merokok, tapi harus mengidap penyakit serius akibat terpapar asap rokok. Ada pula ibu hamil yang keguguran atau bayi yang lahir cacat akibat selalu terpapar asap rokok selama masa kehamilan.

Contoh Bagian  4.  Penegasan Kembali

Karena itulah, sebisa mungkin mari kita hindari kebiasaan merokok. Jauhkan keluarga kita dari asap rokok. Jika kita adalah perokok aktif, maka mari kita sadar dan berusaha merokok di tempat yang telah disediakan. Jangan sampai keluarga kita yang tak merokok justru jadi korban akibat kebiasaan dan keegoisan kita.


CONTOH TEKS PERSUASIF TENTANG GADGET( HP)

 

Judul 2 : GADGET ( HP )

 

Contoh Bagian 1.  Pengenalan isu

Setiap bulan masyarakat modern saat ini dihebohkan dengan kehadiran smartphone baru dengan spesifikasi yang lebih canggih. Ada banyak fitur yang ditawarkan setiap kali sebuah brand gawai mengeluarkan model terbaru. Kini fitur unggulan mereka adalah kecepatan internet, kamera yang mumpuni, hingga kapasitas RAM yang besar.

Contoh Bagian 2.  Rangkaian Argumen

Smartphone pun kini layaknya kebutuhan wajib bagi kaum milenial. Mereka tak bisa hidup tanpa adanya smartphone di tangan. Apapun kegiatan sehari-hari mereka, selalu ada smartphone yang menemani. Semua kebutuhan apapun bisa didapatkan dari sekotak kecil smartphone. Kebiasaan ini terus tumbuh tanpa kita sadari bahwa ada efek negatif yang mengintai.

Kaum milenial mulai terpaku pada smartphonenya saja. Mereka lebih aktif di media sosial dibandingkan di dunia nyata. Smartphone mengambil alih semua perhatian kaum milenial ini. sehingga, kaum milenial jadi lebih acuh dengan lingkungan sekitarnya yang nyata. Mereka jadi jarang bersosialisasi. Hubungan sosial pertemanan dan keluarga pun jadi renggang dan terganggu.

Contoh Bagian 3.  Pernyataan Ajakan

Kondisi ini bisa membuat manusia semakin individualistik. Manusia menganggap bahwa kehidupan sosial dengan bertatap muka langsung kurang berguna. Padahal dalam kehidupan sehari-hari, interaksi sosial dengan masyarakat sangat berguna untuk menjalin relasi dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kedekatan personal dengan keluarga pun masih menjadi hal yang penting saat ini.

Contoh Bagian  4.  Penegasan Kembali

Karena itulah, kita perlu memberikan batasan pada diri sendiri saat menggunakan smartphone. Tidak ada larangan dalam menggunakan smartphone. Tapi kita harus tahu diri kapan saatnya berkutat dengan gawai dan kapan saatnya kita harus menjalin interaksi di dunia nyata. Kita harus terus membangun kedekatan nyata dengan keluarga, rekan kerja, dan sahabat karena kita makhluk sosial.


TUGAS PERTEMUAN Ke - 4

Pilihlah salah satu tema dibawah ini dan kembangkan menjadi sebuah Teks Persuasif

TEMA  : 

1. Belajar di Era Pandemi Covid 19

2. Hidup Sehat dimasa Pandemi Covid 19.

3. Demam Game Online

4. Ayo Kaya denean Kebun

5. Pintar dengan sampah.

 

 

Selamat mengerjakan