Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Teknik Dasar Sepak Bola Sub Materi Permainan Bola besar Materi Penjaskes Orkes Kelas 9

Passing Dan Kontroling Dalam Sepak Bola

Untuk kali ini kita akan belajar mempraktekkan teknik dasar permainan sepak bola. Untuk materi pembahasan pelajaran ini dapat anak - anak pelajari kembali pada materi sebelumnya dan buku paket masing - masing.

Teknik dasar sepak bola yang akan kita pelajari kali ini akan membahas 4 teknik yaitu sebagai berikut :
  1. Teknik dasar passing dan kontrol bola datar
  2. Teknik dasar passing dan kontrol bola melambung
  3. Teknik dasar menggiring bola
  4. Variasi teknik dassar menggiring bola dan passing kontrol.

Teknik Pasing

Kebanyakan orang melakukan  passing menggunakan kaki bagian dalam karena pada kaki bagian dalam terdapat permukaan yang lebih luas bagi pemain untuk menendang bola, sehingga dapat memberi kontrol bola yang lebih baik. 

Cara melakukan passing menggunakan kaki bagian dalam :
  1. Posisikan badan menghadap ke arah mana bola akan dituju. Posisi ini dimaksudkan agar dalam menendang bola lebih dapat mengontrol dan menendang dengan baik.
  2. Tarik kaki yang akan menendang ke belakang. Saat menarik kaki kebelakang itu adalah saat dimana kita akan menentukan seberapa kuat bola tendang. Biasanya semakin jauh tarikan, maka akan semakin jauh juga bola kita tendang.
  3. Sentuhlah bola dengan mengunakan kaki bagian dalam.
  4. Follow Throw ( gerakan Lanjutan ) adalah gerakan akhir setelah kita melakukan sentuhan dengan bola, gerakan ini berfungsi untuk tidak membuat gerakan menjadi kaku dan enak dilihat. Hampir semua olahraga memiliki gerakan follow throw.

Teknik Kontroling Bola Pada Sepak Bola

Kontrol bola sering disebut juga receiving dalam bahasa inggris atau menahan bola, merupakan gerakan terkotrol dengan kosetrasi tinggi untuk menerima operan dari kawan hingga bola siap untuk dipakai dan dilanjutkan. Ada dua elemen kunci dari kontrol bola yang baik:
  1. Sentuhan pertama penerima harus melindungi bola dari pemain yang menyerang dan tidak memberi mereka kesempatan untuk mendapatkan bola kembali ,
  2. Pemain penerima harus memainkan bola ke ruang kosong yang tersedia untuk memungkinkan sentuhan berikutnya dan untuk mendapatkan atau menjaga momentum.

Cara melakukan control bola

  • Elemen pertama dari kontrol bola adalah untuk menempatkan permukaan anggota  ke garis laju bola. Berat badan harus terdistribusi dengan baik sehingga memungkinkan untuk bergerak maju, mundur atau ke samping. Jaga kepala mantap dan melihat bola secara cermat untuk menilai arah dan kecepatan laju bola. Sulit untuk menjaga mata seseorang secara permanen kearah bola dan pemain yang lebih baik dapat mengambil sekilas untuk mengetahui apa yang terjadi di sekitar mereka sebelum kontak dibuat.

  • Langkah kedua adalah membuat penilaian awal dalam memilih teknik yang tepat dan permukaan tubuh untuk mengontrol. Kontrol Wedge melibatkan permukaan yang lebih kaku di mana pemain mencoba untuk memaksa bola kebawah atau ke ruang sehingga dia bisa bergerak ke arahnya. Kontrol empuk lembut atau mengambil benturan dari bola dengan menarik permukaan kembali saat kontak dengan bola (tubuh menjadi elastis) sehingga seolah bola menempel di kaki pemain. Teknik khusus ini sangat berguna ketika di marking dengan ketat, misalnya ke depan menerima bola di dada saat membelakangi gawang lawan.
Untuk lebih jelasnya mari kita simak video penjelasnnya berikut ini.



Tugas

Untuk tugas anak - anak kelas 9 yaitu :
Praktekkan 4 teknik dasar sepak bola seperti yang dicontohkan pada video terebut (boleh menggunakan bola plastik).

Rekam dalam format video lalu kirim dengan cara mengupload pada akun instagram kalian dan dengan menandai akun @pjok_estimo_kelas9 dan akun Bu Henny @hennycum_

Selamat Belajar.

Salam Olahraga, jaya !