Dampak Perubahan Sosial Budaya Terhadap Masyarakat Materi Pelajaran IPS Kelas 9

Dampak Perubahan Sosial Budaya Terhadap Masyarakat

A. Dampak positif :

  1.  Semakin harmonisnya kehidupan masyarakat
  2.  Memperkaya pengetahuan dan wawasan  dengan mengadopsi budaya yang berasal dari     masyarakat luar.
  3.  Dapat mengubah pandangan masyarakat yang kurang sesuai dengan perkembangan jaman
  4.  Terjadinya modernisasi atau kemajuan di berbagai bidang

B. Dampak negatif :

  1. Terjadinya ketertinggalan budaya ( Cultural Lag ) 
  2. Terjadinya disorganisasi sosial, yaitu keadaan dimana tidak ada keserasian bagian bagian dari unsur unsur yang ada dalam suatu organisasi.

Berdasarkan bentuknya disintegrasi  dibedakan menjadi : 

  • Anomie, adalah keadaan dalam masyarakat yang tidak ada  pegangan dalam melakukan sesuatu tanpa mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk.
  • Mestizo Culture adalah percampuran unsur unsur kebudayaan yang memiliki warna dan sifat yang berbeda-beda.
  • Cultural Lag adalah ketertinggalan kebudayaan yang disebabkan karena pertumbuhan budaya yang tidak merata atau tidak sama.

GLOBALISASI

Pengertian : adalah suatu proses sosial yang didalamnya kendala geografis terhadap pengaturan sosial dan budaya menjadi surut dan manusia menjadi semakin sadar bahwa pengaturan tersebut menjadi semakin surut.

Bentuk globalisasi terjadi diberbagai bidang antara lain, bidang budaya, komunikasi, ekonomi, Iptek dan transportasi.Disisi lain globalisasi juga membawa pengaruh atau dampak terhadap kehidupan masyarakat.


TUGAS 1 

Bentuk bentuk perubahan sosial budaya dalam masyarakat sangat beraneka ragam baik bentuk maupun jenisnya. Bacalah buku materi atau buku paket IPS kelas IX kemudianLengkapilah kolom dibawah ini  !


TUGAS 2
Amatilah perubahan sosial budaya yang terjadi di lingkungan kalian. Perubahan sosial budaya membawa pengaruh terhadap kehidupan di masyarakat. Kemudian isikan pada kolom dibawah ini mengenai dampak positif dan dampak negatif perubahan sosial budaya.



TUGAS 3
Globalisasi mempunyai banyak manfaat dan pengaruh bagi masyarakat dunia. Namun disisi lain globalisasi juga membawa pengaruh atau dampak negatif . Isikan kolom dibawah ini mengenain dampak globalisasi.