Akses Situs Informasi Di Internet Materi TIK (Prakarya) Kelas 9 Semester Genap #2

Perbedaan Website Dan Blog 

Selamat pagi anak - anakku. Baik, materi ini adalah lanjutan dari materi kita pada pertemuan minggu yang lalu dan masih berbicara tentang akses situs informasi di internet.



Review Pertemuan #1

Di pertemuan sebelumnya kita telah bersama - sama pelajari bagaimana sebenarnya informasi itu teredia. Siapa yang menyediakan, menggunakan media apa, dan cara mengaksesnya. Dan didalamnya kita akhirnya mengenal misalnya istilah : web browser, search engine, keyword, etc.

Website dan Blog

Seperti kita tahu bahwa di internet itu ada banyak situs penyedia informasi, akan tetapi tahukah kalian bahwa dari situs - situs tersebut sebenarnya dapat di kelompokkan menjadi 2 klasifikasi (golongan) berdasarkan isi situs tersebut.

Website

Pada halaman website pada umumnya berisikan informasi statis (tetap) dengan halaman- halaman website dan sedikit update pada faslitas post. Ini memang sesuai dengan tujuan website tersebut bahwa digunakan untuk publikasi sebuah layanan, eksistensi sebuah perusahaan, media promosi jasa dan produk serta informasi yang sifatnya tetap.

Sebagai contoh pada website sekolah www.smpn3mojogedang.sch.id maka pada halaman tersebut akan menayangkan lebih banyak informasi yang bersifat tetap, misalnya tentang : informasi kontak, letak sekolah, daftar nama guru dan staff, Tata Tertib Sekolah, dan lain - lain. Informasi tersebut adalah informasi yang jarang sekali mengalami perubahan bahkan mungkin tidak dirubah.

Blog 

Nah kemudian bagaimana situs tersebut digolongkan sebagai sebuah blog ? Sebuah situs di katakan blog jika memuat informasi yang dinamis dan uptodate. 
Artinya erisi informasi - informasi terkini dan selalu di perbarui sesuai perkembangan dan kreatifitas serta pengetahuan si pemilik blog tersebut.

Sebagai contoh blog ini adalah blog personal yang biasanya diisi dengan pengalaman kerja, hobi, cerita hidup, kreasi, tutorial, dan info terkini sesuai pengetahuan pemilik blog tersebut.

Selain kedua hal tersebut dapat kita ketahui bersama bahwa perbedaan kedua situs tersebut sebenarnya adalah dari sisi kepemilikan, jika website biasanya dimiliki oleh instansi, atau perusahaan sedangkan blog dimiliki olleh personal (perorangan).

Oke, sekian untuk pertemuan kali ini. Semoga bermanfaat. 

Sekilas Info

Selanjutya perlu kami ingatkan bahwa mulai tanggal 25 Januari 2021 akan diadakan test evaluasi untuk semua mata pelajaran dengan menyesuaikan jadwal yang nanti akan di share melalui wali kelas. Silahkan anak - anak mempersiapkan diri dengan materi yang sudah tersedia.

Tugas #2

Kunjungi salah satu situs berikut : 
  1. Termasuk dalam kategori apakah kedua situs tersebut ? Berikan alasanmu !
  2. Berikan satu contoh ringkasan informasi yang terdapat pada salah satu situs tersebut !
Selamat belajar dan tetap semangat !