BAB IV. Materi dan Latihan Soal Kesebangunan Kelas IX

KESEBANGUNAN

Ø  Memahami bangun-bangun datar yang sebangun termasuk kongruen

Ø  Memahami sifat-sifat dua segitiga sebangun termasuk kongruen

Ø  Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah.


TUJUAN PEMBELAJARAN

Ø  Menyebutkan dua segitiga kongruen

Ø  Mengenali dua bangun datar yang kongruen atau tidak konginen dengan menyebutkan saratnya.

Ø  Menghitung  panjang sisi yang belum di ketahui dari dua bangun yang sama sebangun  atau dua bangun sebangun.

Ø  Membedakan pengertian sebangun dan kongruen dua segitiga.

Ø  Menyebutkan syarat dua segitiga sebangun.


SYARAT KESEBANGUNAN DUA BANGUN DATAR

Bangun-bangun yang memiliki bentuk dan ukuran yang sama disebut kongruen.

Contohnya :  bentuk keramik lantai, kaca pada jendela rumah, permukaan CD

Sedangkan bangun-bangun yang memiliki bentuk dan ukuranya berbeda disebut kesebangunan

Contohnya : 

·         Bangun- bangun persegi panjang dengan bentuk yang sama , tetapi ukuranya berbeda

·         Bangun-bangun segitiga dengan bentuk yang sama , tetapi ukuranya berbeda

 

FOTO DAN MODEL BERSKALA

Sebuah foto atau model berskala mempunyai bentuk yang sama dengan bentuk aslinya atau bentuk sebenarnya. Pada foto atau model berskala , semua ukuran aslinya diperkecil atau di perbesar dengan perbandingan yang sama, oleh karena itu bagian bagian yang bersesuaian adalah panjang pada model dengan panjang yang sebenarnya, lebar pada model dengan leber sebenarnya  dan tinggi pada model dengan tinggi sebenarnya maka dapat dibuat perbandingan berikut ini.


Contoh :

1.      Tinggi pintu dan tinggi rumah suatu market berturut-turut adalah 6 cm dan 24 cm . tinggi pintu sebenarnya adalah 2 m. berapakah tinggi rumah sebenarnya?

Jawab : 

Tinggi pintu pada market (Model) = 6 cm

Tinggi rumah pada market ( model) 24 cm

Tinggi pintu sebenarnya 2 m = 200 cm

Tinggi rumah sebenarnya = x cm ( dimisalkan)

Untuk mencari nilai X di gunakan sepasang perbandingan , yaitu

                          

2.      Sebuah kapal pesiar memiliki panjang 250 m dan lebar 50 m. kapal itu di buat model dengan panjang 20 cm . hitunglah lebar kapal pada model

Jawab ;

Panjang kapal sebenarnya = 250 m = 25000 cm

Lebatr kapal sebenarnya = 50 m = 5000 cm

Panjang kapal pada model = 20 cm

Lebar kapal pada model = X


                                         

 

Latihan :

1.      Sebuah menara tampak pada layar TV dengan tinggi 24 cm dan lebar 10 cm. berapakah lebar sebenarnya menara tersebut jika tinggi sebenarnya 18 m?

2.      Sebuah mobil berukuran panjang 4,5 m dan lebar 1,2 m . mobil itu akan di buat model dengan tinggi 6 cm . tentukan panjang mobil pada model ?