Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal Ragam Situs Di Internet Materi Pelajaran TIK Kelas 9 Semester Genap #3

Assalamu'alaikum wr. wb

Anak - anakku. Pada pertemuan minggu lalu kita telah pelajarai bersama tentang website dan Blog serta perbedaanya. Dan pada pertemuan kali ini kita akan belajar mengenai ragam situs diinternet yang diantaranya merupakan bagian dari kedua hal tersebut. Pokok bahasan kita kali ini adalah bagaimana membedakan situs diinternet dari sisi pengguna.



Baik, langsung saja kita mulai.

Di internet kita dapat menjumpai jutaan situs dengan berbagai macam variasi, dan dari sisi user kita dapat bedakan menjadi sebagai berikut :

  1. Situs Statis
  2. Situs Dinamis
  3. Situs Interaktif

Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari satu demi satu.

Situs Statis

Sebagaimana website yang dimilki oleh organisasi atau instansi maka situs statis ini adalah halaman yang digunakan untuk memaparkan informasi saja. Jenis informasi ini bermacam - macam misalnya dapat berupa brosur dari departemen itu sendiri atau kebijakan - kebijakan yang bersumber dari departemen atau divisi nya. Jadi kita sebagai user bersifat pasif hanya menerima informasi satu arah dari halaman tersebut dan dari satu sumber.

Contoh dari Situs Statis ini adalah: 

  1. Situs Derektorat Jenderal Pendidikan Nasional
  2. Situs Derektorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Situs Dinamis

Salah satu hal yang membedakan situs dinamis dengan situs statis adalah bahwa situs dinamis ini menampilkan informasi yang berbeda - beda lintas divisi atau bidang. Jadi situs ini dapat memberikan kita informasi yang bermacam - macam meskipun juga masih bersifat pasif.

Contoh dari situs dinamis ini adalah :

  1. Blog Detik
  2. Kompas
  3. Liputan 6
  4. Dan situs Portal Berita lainnya.

Situs Interaktif

Situs interaktif adalah situs yang bukan hanya menyediakan informasi akan tetapi memberi kesempatan kepada kita sebagai pengguna (user) untuk berinteraksi di situs tersebut.
Interaksi disini maksudnya adalah dengan memberikan informasi maupun menanggapi informsi tersebut secara realtime.

Situs ini yang paling mudah kita jumpai adalah situs - situs market place. Saya biasa menyebutnya dengan pasar maya. Jadi kita dapat membuat informasi tentang produk apa yang kita jual dengan mendaftarkan data diri terlebih dahulu demikian juga jika seseorang ingin bergabung dan ingin memberi informasi lain atau menanggapi produk kita maka dapat langsung kita tanggapi.

Selain itu juga ada situs - situs diskusi yang memiliki fitus sama yaitu dapat memberi informasi secara langsung dan langsng dapat ditanggapi juga.

Contoh situs interakti ini adalah:
Situs Market Place (Shopee, Tokopedia, dll)
Situs Diskusi (Kaskus) dll

Demikian materi singkat pada pertemuan kali ini semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr. wb.

Tugas #3

Buat ringkasan dari materi diatas !