Mengenal Jendela Kerja Microsoft Office Excell (MS.Excell) Materi Prakarya (TIK) Kelas 8 Semester Genap

Perhatikan Gambar Jendela Excell Berikut !


 Dari gambar diatas anak - anak dapat mengenali nama dan fungsi dari menu yang berada pada jendela excel tersebut. Anak - anak juga dapat mempraktekkan langsung pada laptop / pc yang dimiliki untuk memperjelas. Dan diawah ini adalah keterangan dari halaman tersebut.

1. Title Bar (Baris Judul)

Title Bar berisi nama program aplikasi dan nama file yang sedang aktif. Title Bar ini dapat juga digunakan untuk memindahkan jendela ke posisi lain yang kita inginkan.

2. Menu Bar (Baris Menu)

Menu Bar berisi barisan perintah seperti menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Windows, dan Help.

3. Tool Bar (Baris Toolbar)

Berisi tombol-tombol yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah, terutama untuk perintah-perintah yang sering digunakan. Jenis toolbar, yaitu toolbar standard, formatting, dan drawing.

4. Tombol Ukuran (Sizing Button)

Berguna untuk memperbesar (Maximize) atau memperkecil (Minimize) jendela Ms. Excel, mengembalikan jendela ke ukuran semula atau sebelumnya, dan menutup atau mengakhiri (Close) Ms. Excel.

5. Horizontal Scroll Bar

Baris penggulung mendatar digunakan untuk menggeser layar ke kiri dan ke kanan.

6. Vertical Scroll Bar

Baris penggulung tegak untuk menggeser layar ke atas dan ke bawah.

7. Formula Bar (Baris Rumus)

Menampilakn informasi mengenai isi sel yang sedang aktif di lembar kerja.

8. Lembar kerja Ms. Excel terdiri atas 256 kolom (columns) dan 65536 baris (rows). Kolom pada Excel diwakili oleh huruf A-Z, sedangkan baris diwakili oleh angka 1,2, 3... sampai 65536.

9. Cell (Sel)

Sel yaitu perpotongan atau persinggungan antara baris dan kolom. Sel diberi nama menurut posisi kolom dan baris pada lokasinya. Contohnya: sel C8 adalah perpotongan antara kolom C dan baris 8.

Menu Bar

a. Menu Office Button

Office Button berisi dafatar perintah untuk mengolah data. Menu Office Button terdiri dari sub menu: New, Open, Save, Save As, Print, Close, dan  Exit. 

b. Menu Home 

Home berisi daftar perintah untuk mengolah data. Menu Home terdiri dari sub menu: Paste, Cut, Copy, Format Painter, Font, Font Size, Bold, Italic, Underline, Center, Align Text Right, Merge And Center, Grow Font, Shrink Font, Font Color, Top Align, Middele Align, Buttom Align, Wrap Text, Align Text Left, Format As Table, Cell Styles, Insert, Decrease Indent, Increase Indent, Number Format, Comma Style, Decrease Decimal, Conditional Formatting, Clear, Delete, Format, Sum, Sort and Filter dan Fill.

c. Menu Insert

Berisi perintah-perintah untuk melakukan pengeditan lembar kerja. Menu Insert terdiri dari sub menu: Privat Table, Table, Picture, Clip Art, Shapes, Smart Art, Column, Line, Pie, Bar, Area, Scatter, Other Charts, Hyperlink, Text Box, Header And Footer, Word Art, Signature Line, Object, dan Symbol.

d. Menu Page Layout

Berisi perintah-perintah untuk menentukan cara tampilan saat bekerja dengan Ms. Excel. Sub menu dari Page Layout yaitu: Themes, Margins, Orientation, Size, Print Area, Break, Background, Print Titles, Wide, Height, Scale, Gridlines dan Heading.

e. Menu Formulas

Berisi perintah-perintah penyisipan, menu Formula terdiri dari submenu: Insert Function, Auto Sum, Recently Used, Financial, Logical, Text, Date And Time, Name Manager, Define Name, Use In Formula, Create From Selection, Trace Precendents, Remove Arrows, Watch Window, dan Calculation.

f. Menu Data

Berisi perintah-perintah yang digunakan untuk menampilkan data tampilan lembar kerja. Sub menu terdiri dari: Get External Data, Refresh All, Connections, Properties, Edit Links, Sort, Filter, Clear, Reapply, Advanced, Text To Colums, Remove Duplicates, Data Validation, Consolidate, What-If Analysis, Ungroup, dan Subtotal.

g. Menu Review

Berisi perintah-perintah yang dapat membantu kita dalam mengolah data Ms. Excel. Menu Review terdiri dari submenu: Spelling, Research, Thesaurus, Translete, New Comment, Delete, Previous, Next, Show/ Hide Comment, Show Link, Protext Sheet, Protect Workbook, Share Workbook, Protect And Share Workbook, Allow Users To Edit Range, dan Track Changes. 

h. Menu View 

Berisi perintah-perintah untuk mengatur tampilan database dan sebagainya. Menu View terdidri dari submenu: Normal, Page Layout, Page Break Preview, Custom Views, Full Screen, Show/Hide, Zoom, Zoom To Selection, New Window, Arrange All, dan Freeze Panes.


TUGAS

1. Sebut dan jelaskan bagian-bagian jendela kerja Ms. Excel!

2. Tuliskan 4 menu dan submenu yang ada dalam baris menu (Menu Bar) Ms. Excel!