Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Organisasi Kehidupan Materi Pelajaran IPA Kelas 7 Semester Genap

 Rangkuman

Materi ini sudah tersedia dalam video pembelajaran yang dapat anak - anak simak di Channel Pembelajaran kita atau pada video di bawah ini :



Sel sebagai Unit Struktural dan Fungsi Kehidupan

Contoh Sel Eukariotik dan Prokariotik

Sel adalah satuan kehidupan terkecil dari suatu makhluk hidup. Setiap sel memiliki organel – organel yang mampu menjalankan fungsinya untuk hidup. Organel sel tersebut diantaranya ribosom, mitokondria, badan golgi, retikulum endoplasma, membran plasma, dan vakuola. Seluruh aktivitas organel sel tersebut dikontrol oleh inti sel (nukleus).

Setiap organisme tersusun atas salah satu dari dua jenis sel yang secara struktural berbeda: sel prokariotik dan sel eukariotik.

  1. Sel prokariotik adalah sel yang memiliki inti sel tetapi inti sel tersebut tidak diselubungi membran inti. Hanya bakteri dan arkea yang memiliki sel prokariotik.
  2. Sel eukariotik adalah sel yang memiliki inti sel dan inti sel tersebut dibungkus oleh membran inti. Protista, jamur, tumbuhan, dan hewan semuanya memiliki sel eukariotik.

Pada dasarnya, baik sel prokariotik dan sel eukariotik memiliki tiga bagian utama, yaitu membran sel, sitoplasma, dan inti sel.

  1. Membran sel atau selaput sel berfungsi sebagai pelindung sel dan mengatur masuknya zat-zat yang diperlukan dan mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan lagi oleh sel.
  2. Sitoplasma adalah cairan sel yang kental, mengisi ruangan antara membran sel dan inti sel. Sitoplasma disebut juga plasma sel. Di dalam sitoplasma terdapat struktur halus yang disebut organel sel. Yang termasuk organel sel, antara lain: mitokondria, sentrosom, plastida, dan lainnya. Secara umum sitoplasma merupakan tempat berlangsungnya kegiatan sel.
  3. Inti sel/Nukleus adalah bagian dari sel yang utama. Berfungsi sebagai pengatur seluruh kegiatan sel termasuk perkembangbiakan sel dan pertumbuhan sel. Di dalam inti sel terdapat kromosom, yang hanya tampak ketika sel sedang membelah.


No Sel Hewan                                         Sel Tumbuhan
1. Tidak memiliki dinding sel                         Memiliki dinding sel
2. Tidak memiliki plastida                         Umumnya memiliki plastida terutama kloroplas
3. Tidak memiliki rongga sel (vakuola)         Memiliki rongga sel (vakuola) yang lebar
4. Memiliki sentriol                                 Tidak memiliki sentriol
5. Memiliki lisosom                                 Tidak memiliki lisosom

2. Jaringan
 


Jaringan adalah sekelompok sel yang memiliki bentuk, susunan, dan fungsi sama. Pada makhluk hidup terdapat berbagai macam jaringan,  seperti pada tumbuhan terdapat jaringan meristem, jaringan epidermis, jaringan parenkim, jaringan pengokoh, jaringan pengangkut, dan jaringan endodermis. Kemudian pada hewan terdapat jaringan epitel, jaringan penyokong, jaringan otot, jaringan darah, dan jaringan saraf.