Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Persatuan Dan Keberagaman Masyarakat Indonesia Pelajaran PPKn Kelas 9 Semester 2

Persatuan Dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia

Merupakan cerminan adanya persatuan yang sekaligus menjadi anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa bagi indonesia. Sesuai dengan pasal 1 ayat 1 UUD NRI 1945 yang berbunyi “Negara Indonesia adalah Negara Kesatuan yang berbentuk Republik” hal tersebut memperlihatkan bahwa salah satu cita-cita bangsa Indonesia adalah mewujudkan persatuan. Hal tersebut ditegaskan pula pada sila ke-3 Pancasila berbunyi “Persatuan Indonesia”



Cita-cita Persatuan

Cita-cita tersebut dapat diwujudkan dengan menanamkan 2 prinsip sebagai berikut :

 a. Bhineka Tunggal Ika 

Memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu. Semboyan terebut mengakui masyarakatindonesia yang memiliki suku, ras, agama, bahasa, adat istiadat, budaya, dan hukum adat yang berbeda. Hal tersebut merupakan wujud kemajemukan bangsa indonesia. Jika semoyan Bhineka Tunggal Ika dipegang erat oleh bangsa indonesia, kelak persatuan dan kesatuan akan tetap tercapai. 

b. Wawasan Nusantara

wawasan nusantara adalah cara pandang suatu bangsa dan lingkungannya berdasarkan falsafah dan sejarah bangsa untuk mencapai tujuan atau cita-cita nasionalnya berdasarkan ketetapan MPR tahun 1993 dan 1998 tentang GBHN, wawasan nusantara yang bersumber pada pancasila dan berdasarkan UUD NRI 1945. Merupakan cara pandang dan sikap bangsa indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang mengutamakan persatuan dan kesatuan dalam menyelenggarakan kehidupan untuk mencapai tujuan nasional.

Empat (4) konsep Wawasan Nusantara yang perlu diketahui sbb:
  1. Konsep Kesatuan Politik 
  2. Konsep Kesatuan Ekonomi
  3. Konsep Kesatuan Sosial Budaya
  4. Konsep Kesatuan Pertahanan Keamanan
Berdasarkan beberapa konsep pengertian tersebut, implementasi wawasan nusantara diwujudkan melalui tindakan mengakui menerima dan menghormati perbedaan sebagai karunia dari Tuhan Yang Maha Esa

Tugas Siswa

Jawablah dengan tepat dan benar soal berikut ini :
  1. Tulislah contoh penerapan Bhineka Tunggal Ika di lingkungan sekolahmu!
  2. Jelaskan yang dimaksud dengan Ras dan Suku Bangsa sertakan dengan contohnya!