Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 Materi PPKn Kelas 8 Semester 2

 SEMANGAT KEBANGKITAN NASIONAL TAHUN 1908

1. Memaknai semangat kebangkitan nasional

Suatu bangsa tidak akan berubah manakala bangsa tersebut tidak mau mengubah dirinya sendiri. Bangsa indonesia tidak mungkin menjadi bangsa yang bebas merdeka seperti yang kalian rasakan saat ini apabila tidak ada usaha untuk bangkit dan melepaskan diri dari penjajahan. Kesadaran bangsa indonesia untuk bangkit tumbuh seiring lahirnya generasi muda terdidik dan peduli terhadap kemerdekaan indonesia. 



2. Kondisi bangsa indonesia sebelum tahun 1908

Apa yang kalian rasakan dan pikirkan pada saat menyanyikan lagu nasional bangun pemudi pemuda? Untuk membantu kalian menjawab pertanyaan tersebut disampaikan pembahasan tentang kebangkitan nasional. Kalian juga dapat mencari informasi dari berbagai sumber belajar yang lain. Awal dimulainya penjajahan belanda di indonesia sejak didirikannya VOC pada tanggal 20 Maret 1602. sejak didirikannya VOC penderitaan rakyat indonesia terjadi dalam berbagai segi kehidupan melalui politik devide et impera, upaya kerja paksa/rodi, tanam paksa. Hal tersebut menumbuhksn benih perlawanan diberbagai daerah yang dipimpin ulama/kaum bangsawan. Perjuangan rakyat untuk mengusir penjajah belum berhasil disebabkan perjuangan masih bersifat kedaerahan dan belum terorganisasi secara modern    

3. Perintis kebangkitan nasional dalam perjuangan kemerdekaan indonesia

Budi utomo merupakan organisasi pertama di indonesia yang bersifat nasional berbentuk modern yang didirikan oleh dr.Soetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Budi utomo berasal dari kata Sansekerta yaitu bodhi atau budhi berarti keterbukaan jiwa, pikiran, kesadaran, akal, atau pengadilan yang juga bisa berarti daya untuk membentuk dan menjunjung konsepsi dan ide-ide umum. Adapun perkataan utomo berasal dari kata utama yang dari bahasa sansekerta berarti tingkat pertama/sangat baik. Program budi utomo mengusahakan perbaikan pendidikan dan pengajaran ditingkatkan.

Tugas Siswa #1

Jawablah pertanyaan berikut ini 

Berikan alasanmu mengapa organisasi Boedi Oetomo dapat dikatakan peletak semangat kebangkitan nasional

Ceritakan berdasarkan yang kalian ketahui bagaimana seorang pelajar mampu mengubah nasib suatu bangsa