Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Sejarah Microsoft Excell (MS. EXCEL) Materi Prakarya Kelas 8 Semester Genap

 Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dapat mengelola data secara otomatis melalui operasi penghitungan dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian), penggunaan rumus-rumus dan fungsi yang hasilnya dapat ditampilkan dalam bentuk angka, tabel ataupun grafik.



Microsoft excel adalah aplikasi spreadsheet (lembar kerja) yang terdiri dari sel-sel berupa kolom dan baris untuk menempatkan data sehingga nantinya data tersebut mudah diolah melalui eksekusi perintah-perintah yang telah disediakan, seperti sum, average, vlookup, dll. Program Ms. Excel juga bisa digunakan sebagai pecatatan data-datda dalam bentuk yeks, seperti misalnya data pegawai, barang, dan sebagainya.

Pada tahun 1982, Microsoft menciptakan suatu program lembar penjabaran yang dikenal dengan Multiplan. Program ini sangat populer dalam sistem CP/M, tetapi biasa saja dalam sistem MS DOS sebab di sana telah ada saingannya, yaitu Lotus 1-2-3.

Pada tahun 1985, Excel versi pertamanya diluncurkan untuk Macintosh. Dua tahun kemudian, menyusul peluncuran Excel versi Windows. Dengan keunggulan yang dimilikinya, Microsoft meluncurkan versi baru dari Excel setiap dua tahun sekali dan Ms. Excel 2007 adalah versi terbaru untuk Windwos.

Dibandingkan dengan program-program pendahulunya, Excel memiliki lebih banyak keunggulan. Di antara keunggulan tersebut adalah selnya disusun dalam kolom dan baris. Tidak berhenti hanya di situ, tiap sel juga mengandung formula atau data dengan referensi relatif atas sel lainnya.

Artinya Ms. Excel menggunakan konsep penghitungan cerdas yang hanya memperbarui nilai sel yang berkaitan saja.

Sejak tahun 1993, Excel sudah mempunyai bahasa pemrograman Ketajaman Dasar untuk Mengaplikasi. Bahasa pemrograman inilah yang berperan menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalamnya serta fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh user.