Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengakses Situs - Situs Informasi Di Internet Materi Pelajaran TIK Kelas 9 Semester Genap #1

Akses Situs Informasi Di Internet

Pada semester sebelumnya anak - anak sudah mempelajari hal terkait apa itu internet, infrastruktur internet dan jaringan internet. Semua hal tersebut adalah materi awal guna melanjutkan bagaimana dan apa saja sebenarnya yang bisa kita dapatkan dari internet.

Akses Situs Informasi Di Internet


Sebelum kita lanjutkan mari kita review terlebih dahulu hal yang perlu kita persiapkan dalam mempelajari materi ini.

Syarat Utama

Hal pertama yang harus kita miliki untuk dapat mengakses situs informasi diinternet adalah perangkat. Perangkat disini artinya adalah semua alat yang dapat kita gunakan untuk mengakses internet sebagai contoh komputer / laptop, Android, Tablet dan gadget lain yang sejenis.

Kedua kita mesti berada dalam jaringan yang berskala global dalam hal ini adalah internet itu sendiri. Tentang apa itu internet anak - anak dapat baca kembali pada materi semester satu.

Hal ketiga adalah bahwa pada perangkat kalian memiliki software perambah berupa web browser. Web browser adalah aplikasi yang secara khusus didesain untuk membuka halaman situs dengan format yang sudah di tentukan. Contoh aplikasi web browser ini antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Mozilla Firfox
  2. Google Chrome
  3. Microsoft Edge
  4. Internet Explorer
  5. Opera Mini, dll

Search Engine

Nah setelah hal diatas sudah terpenuhi kita lanjut untuk praktek menelusur informasi di internet. Anak - anak dapat menggunakan salah satu web browser diatas untuk mencoba. Selajutnya anak - anak perlu ketahui ketika pertama kali kita membuka halaman web tersebut akan dihadapkan sebuah halaman awal yang dalam istilahnya di sebut Home Page. Dari sini kita akan di berikan pilihan akan menggunakan mesin pencari apa.

Apa itu mesin pencari ? Mesin pencari atau lazim di sebut search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan.

Alur Perjalanan Informasi

Sesuai topik kita pada pertemuan kali ini, dari pengertian diatas dapat kita garis bawahi bahwa untuk mencari sebuah informasi diinternet setidaknya ada beberapa hal yang perlu kita ketahui alurnya sebagai berikut :
  1. Adanya data yang diolah / dikemas dengan berbagai format sehingga menjadi sebuah informasi
  2. Adanya sebuah peladen / server sebagai tempat menyimpan data atau informasi tersebut
  3. Harus saling terhubung antara peladen dan pencari informasi dalam satu jaringan
  4. Ada sarana pendukung yaitu aplikasi yang telah memiliki format baku sehingga memudahkan peladen dan perangkat pencari dalam memahami informasi tersebut.

Baik kembali ke search engine, selama ini mungkin anak - anak sering menggunakan fasilitas ini namun belum menyadari bahwa itu yang namanya search engine / mesin pencari. Kalian lebih suka menyebut itu sebagai Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya, dan yang tersebut tadi adalah beberapa contoh mesin pencari yang paling populer saat ini. Kalian dapat mencari sendiri bagaimana masing - masing terbentuk secara sejarahnya di internet.
Selain itu kalian juga dapat mempelajari bagaimana proses data terserak yang berupa angka, tulisan, foto, bahkan mungkin potongan video itu di olah sehingga menjadi informasi yang siap disajikan dan menjadi hal yang bermanfaat bagi kita.

Cara Mengakses Informasi Di Halaman Web


Setidaknya ada dua macam cara yang lazim digunakan dalam mencari informasi di halaman web yaitu :
  1. Langsung memanggil IP peladen atau dengan memanggil alamat web, misalnya ketika kalian mengakes informasi yang berada di halaman website SMPN 3 Mojogedang maka kalian mengetikkan di URL Bar dengan alamat https://www.smpn3mojogedang.sch.id maka kalian akan di bawa ke halaman tersebut.
  2. Cara yang kedua adalah melalui search box (kolom pencarian), cara ini adalah yang paling banyak digunakan karena semua data yang telah terindeks oleh peladen maka akan dapat kalian cari dengan sebuah atau dua buah kata saja.

Untuk pertemuan kali ini kita cukupkan sampai disini, selanjutnya akan kita bahas terkait penelusuran informasi ini secara lebih detail.

Tugas #1

  1. Sebutkan paling sedikit lima (5) informasi yang kalian dapatkan pada halaman website SMPN 3 Mojogedang !
  2. Apa yang kamu ketahui tentang mesin pencari ?
  3. Sebutkan 3 contoh mesin pencari populer saat ini !
  4. Bagaimana cara mengakses informasi di internet ?
  5. Apa perbedaan website dengan blog ? (materi ini sebagai pengantar kalian untuk pertemuan kedua)