Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Keberagaman Masyarakat Dalam Bhineka Tunggal Ika Materi Pelajaran PPKn Kelas 9 Semseter Genap

A. MAKNA PERSATUAN DAN KESATUAN

Persatuan adalah berkumpulnya beberapa bagian atau komponen menjadi satu sedangkan kesatuan adalah bersatunya dari beberapa komponen yang telah menjadi satu dan utuh. Persatuan bangsa berarti bersatunya bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa yang tersebar dari sabang sampai merauke.

B. ALAT PEMERSATU BANGSA

Menurut UU no.24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa, lambing negara, serta lagu kebangsaan, alat pemersatu bangsa Indonesia yaitu : 

  1. Lambang negara garuda Pancasila
  2. Bendera merah putih
  3. Lagu Indonesia Raya
  4. Bahasa Indonesia

C. PRINSIP PERSATUAN DALAM KEBERAGAMAN SARA

Prinsip-prinsip persatuan dalam keberagaman SARA yang dimaksud dirangkai dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika artinya walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu yaitu Indonesia. Prinsip-prinsip itu antara lain sebagai berikut :

  1. Prinsip musyawarah untuk mufakat
  2. Prinsip kebersaaman melalui gotong royong, perasaan ikhlas dan toleransi
  3. Prinsip nasionalisme 
  4. Prinsip kebeebasan yang bertanggung jawab
  5. Prinsip wawasan nusantara
  6. Prinsip persatuan pembangunan untuk mewujudkan cita-cita reformasi 

 D. PERMASALAHAN DALAM KEBERAGAMAN SARA

Masalah di dalam kehidupan muncul akibat berkembangnya manusia. Permasalahan terjadi di masa lalu sekarang dan pasti akan terjadi di masa yang akan datang. Ada beberapa hal yang harus dicermati dalam masalah SARA, antara lain sebagai berikut :

  1. Antara suku asli dan pendatang menjadi pemicu timbulnya konflik sosial
  2. SARA dapat menjadi factor pendorong timbulnya nasional daerah 
  3. Ada gejala bergersernya sebab pemicu SARA seperti timbulnya gejolak social dari masalah SARA ke masalah yang bersifat structural contoh : Masalah perbedaan agama bergeser menjadi HAM, konfilik antar suku berkembang menjadi pergesekan antar agama 

E. UPAYA PEMECAHAN PERMASALAHAN DALAM KEBERAGAMAN SARA

Semakin besar perbedaan SARA antar kelompok semakin dalam potensi konflik yang bisa terjadi. Hal ini dapat memicu disintegrasi bangsa dan dapat menggoyahkan persatuan bangsa, Upaya pencegahan konflik SARA tersebut dapat dilakukan sebagai berikut:

1. Upaya individual

Upaya meningkatkan kesadaran diri dengan bersikap toleransi, demokratis, dan peduli serta menghindari diri dari sikap negative yang memperparah konflik

2. Upaya masyarakat

Harus dilakukan secara tegas melalui pendekatan affirmative action dalam membangun perekonomian, setiap anggota masyarakat harus menjaga keselarasan, keberagaman demi mewujudkan masyarakat yang harmonis  

F. MAKNA SUMPAH PEMUDA BAGI BANGSA INDONESIA

Ikrar sumpah pemuda yang digaungkan pemuda pada 28 Oktober 1928 memiliki makna penting bagi pembangunan kesadaran rakyat Indonesia yang beragam. Bahwa ikrar itu mampu menggelorakan semngat nasionalisme. Sumpah pemuda telah memberikan keyainan dikalangan pemuda dan masyarakat Indonesia bahwa hanya dengan kebersamaan, persatuan, dan kesatuan maka bangsa Indonesia akan mampu mengusir penjajah dan mencapai kemerdekaan. Terbukti bahwa semangat sumpah pemuda mampu menjadi inspirasi dan motivasi bagi kegigihan perjuangan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia berhasil memproklamasikan kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945. Peristiwa sumpah pemuda menunjukkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, jelaslah bahwa persatuan dan kesatuan amat dibutuhkan bangsa Indonesia untuk mencapai cita-cita bersama.

G. SEMANGAT DAN KOMITMEN SUMPAH PEMUDA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT

Peristiwa sumpah pemuda tahun 1928 sudah menunjukkan kepada kita bahwa betapa para pemuda memiliki jiwa kebersamaan persatuan dan kesatuan yang kuat diantara mereka yang berbeda-beda itu. Sumpah pemuda telah menjadi jiwa dan semangat yang terus terpatri dalam hati sanubari para pemuda dan bangsa Indonesia pada umumnya. Suatu semangat yang dibangun atas dasar kesamaan nasib dan cita-cita yang kemudian di bungkus dengan komitmen senasib sepenanggungan sebagai satu bangsa, satu tanah air, dan satu bahasa yaitu bahasa Indonesia   

H. IKRAR SUMPAH PEMUDA 

Semangat dan komitmen sumpah pemuda harus kita kembangkan dalam kehidupan bermasyarakat. Semangat sumpah pemuda ini harus tetap ada dan harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut merupakan makna ikrar sumpah pemuda :
  1. Bertumpah darah satu tananh air Indonesia
  2. Berbangsa yang satu bangsa Indonesia
  3. Menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

I. KEKELUARGAAN DAN GOTONG ROYONG

Kekeluargaan berasal dari kata keluarga berasal dari bahasa sanseketa kula yang artinya saya, dan kata warga yang artinya orang yang disekitar kita. Secara sosiologis keluarga merupakan satuan unit social terkecil yang terdiri 2 atau lebih orang yang dihubungkan oleh ikatan darah, ikata perkawinan, atau adopsi dan hidup tinggal serumah atau mungkin tidak serumah. Gotong royong berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang mendambakan, sikap gotong royong adalah bekerja bersama-sama dalam menyelesaikan pekerjaan dan secara bersama-sama menikmati hasil pekerjaan tersebut secara adil tanpa pamrih dan secara sukarela. Menurut batas kemampuannya masing-masing. 

TUGAS !

  1. Jelaskanlah arti persatuan dan kesatuan bangsa!
  2. Sebutkanlah upaya mengembangkan sikap menghormati terhadap keragaman suku bangsa dalam kehidupan sehari-hari!