Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berdasarkan Potensi Wilayah Materi IPS Kelas 9 semester Genap

B. MENGEMBANGKAN EKONOMI KREATIF BERDASARKAN POTENSI WILAYAH UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Tujuan Pembelajaran :

Setelah mempelajari materi ini , siswa diharapkan dapat :

  1. Menjelaskan pengertian ekonomi kreatif
  2. Menjelaskan sub sektor ekonomi kreatif
  3. Menjelaskan hubungan antara ekonomi kreatif dengan industri kreatif


1. Pengertian ekonomi kreatif

Hai anak anak semua , apa kabar hari ini ? Tentunya baik semua. Tetap semangat belajar ya !

Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang materi ini alangkah baiknya kalian sudah bisa memahami materi minggu yang lalu mengenai perdagangan internasional. Untuk materi sekarang kalian harus tahu pengertian kreatifitas. Hayo , siapa diantar kalian yang kalau sudah besar nanti ada yang ingin jadi Wirausahawan ( entrepeunur) Para wirausahawan disinilah yang berperan besar dalam pengembangan sektor ekonomi khususnya ekonomi kreatif. Marilah kita pelajari bersama mengapa konsep ekonomi kreatif sangat penting.

Konsep ekonomi kreatif merupakan konsep yang mengutamakan kemampuan berkreatifitas dan berinovasi. Munculnya gagasan ekonomi yang kreatif dan inovatif diharapkan menimbulkan kemampuan melakukan kegiatan ekonomi. Perekonomian mengalami transformasi yang tadinya berbasis Sumber Daya Alam (SDA) diikuti menjadi berbasis Sumber Daya Manusia (SDM), artinya kegiatan ekonomi dikembangkan mencakup industri dengan kreatifitas SDM sebagai aset utamanya untuk menciptakan nilai tambah ekonomi.Konsep ini juga mengandalkan sumber daya manusia ( SDM) untuk mencapai kesejahteraan.

 Kreatifitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik itu berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan yang ada sebelumnya.


2. Sub sektor ekonomi kreatif

Pemerintah mengidentifikasi lingkup industri kreatif mencaku 14 sub sektor yang meliputi :

  1. Periklanan 
  2. Arsitektur
  3. Pasar barang seni
  4. Kerajinan
  5. Desain
  6. Fesyen ( Fashion)
  7. Video, film, fotografi
  8. Permainan interaktif ( game )
  9. Musik
  10. Seni pertunjukan ( showbiz)
  11. Penerbitan dan percetakan
  12. Layanan komputer dan peranti lunak (software)
  13. Televisi dan radio
  14. Riset dan pengembangan.

NB : Baca dan pelajari penjelasan materi ke 14 sub sektor ekonomi kreatif di buku paket halaman 161 sampai 164.

Dari uraian tentang subsektor andalan ekonomi kreatif ini menunjukkan bahwa pemerintah menginginkan ekonomi kreatif merupakan salah satu tulang punggung ekonomi nasional.hasil dari ekonomi kreatif dari berbagai daerah mampu mendongkrak kegiatan ekonomi lokal dan diharapkan mampu menembus pasar internasional. Misalnya yang dikembangkan dikota Bandung yaitu industri kreatif fashion dan sepatu yang banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu kota Solo dengan pasar Klewer yang terkenal dengan batiknya.  Disamping itu kegiatan kreatif yang secara rutin diselenggarakan daerah antara lain :

  1. Bandung, Helarfes  : Braga Festival
  2. Jakarta : Festival Kota Tua , Pekan Raya Jakarta
  3. Surakarta : Solo Batik Karnival, Pasar Windu Jenar
  4. Jember : Jember Fashion Carnaval
  5. Dsb

3. Hubungan antara ekonomi kreatif dengan industri kreatif

Sistem ekonomi memiliki acuan yang jelas yaitu UUD 1945, yaitu sistem ekonomi Pancasila, yang didalamnya terkandung demokrasi ekonomi. Demokrasi ekonomi mengandung arti bahwa kegiatan ekonomi dilakukan oleh, dari dan untuk rakyat dibawah pengawasan pemerintah. Sedangkan sistem ekonomi Indonesia diatur dalam pasal 33 ayat 1,2 dan ayat 3

Berdasarkan pasal 33 tersebut pemerintah sangat berperan menunjang sistem ekonomi yang berbasis pada kegiatan ekonomi kerakyatan. Peran tersebut antara lain mengembangkan koperasi, BUMN, memanfaatkan segala sumber kekayaan alam demi sebesar besarnya kemakmuran masyarakat. Dalam hal ini munculnya kegiatan ekonomi kreatif akan memacu atau menumbuhkan industri kreatif. 

Beberapa strategi pemerintah dalam melaksanakan pembangunan terintregasi antara masyarakat, swasta dan pemerintah antara lain :

  1. Menyiapkan intensif untuk memacu pertumbuhan industri kreatif berbasis budaya.
  2. Membuat Roadmap Industri kreatif yang melibatkan berbagai lembaga pemerintah dan kalangan swasta.
  3. Membuat program komperhensif untuk menggerakkan ekonomi kreatif melelui pendidikan, pengembangan SDM, desain, mutu, dan pengembangan pasar.
  4. Memberikan perlindungan hukum dan intensif bagi karya industri kreatif
  5. Membentuk Indonesia Creative Council yang menjadi jembatan untuk menyediakan fasilitas bagi para pelaku industri kreatif. Demikian pula yang dilakukan oleh Kementrian Perdagangan dalam upaya pengembangan ekonomi kreatif untuk mewujudkan strategi pemerintah dengan beberapa langkah : ( baca dan pelajari di buku paket halaman 166-169).



PENGEMBANGAN PUSAT PUSAT KEUNGGULAN EKONOMI UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Indonesia memiliki banyak keunggulan dalam bidang ekonomi dimana keunggulan ekonomi tersebut dapat menjadi potensi dan peluang bagi kesejahteraan masyarakat. Pusat –pusat keunggulan ekonomi tersebut bisa dikelola sendiri dan sebagian dikelola investor asing. Berikut beberapa pusat pusat keunggulan ekonomi Indonesia :

1. PT Freeport Indonesia

PT Freeport Indonesia merupakan sebuah perusahaan afiliasi dari Freeport –Mc MoRan Cooper & Gold Inc. Perusahaan ini menambang, memproses, dan melakukan eksplorasi terhadap bijih yang mengandung tembaga, nikel, emas dan perak.Perusahaan ini beroperasi di dataran tinggi Mimika Papua.

Kontribusi dan peranan PT Freeport Indonesia bagi negara al :

  • Menyediakan pekerjaan bagi sekitar 30.000 orang WNI
  • Menanam investasi > 9,7 Miliar dollar untuk membangun infrastruktur perusahaan dan sosial di Papua
  • Keuntungan finansial langsung ke pemerintah Indonesia
  • Dan sebagainya

2. Perusahaan Tambang Minyak Negara ( PTMN)

Kilang minyak adalah pabrik / fasilitas industri yang mengolah minyak mentah menjadi produk petroleum yang bisa langsung digunakan maupun produk produk lain yang menjadi bahan baku bagi industri petrokimia. Produk utama yang dihasilkan antara lain : 

Bensin, minyak diesel, minyak tanah. 

Beberapa contoh kilang minyak yang ada di Indonesia :

  • # Kilang Pangkalan Brandan ( Sumatera Utara )
  • # Kilang Dumei (Riau )
  • # Kilang Cilacap ( Jawa Tengah )
  • # Kilang Balikpapan ( Kalimantan Timur )
  • # Kilang Kasim ( Sorong , Papua )
  • # Kilang Balongan ( Indramayu Jawa Barat )
  • # Kilang Cepu ( Cepu Jawa Tengah )

3. Batik Indonesia

Batik merupakan salah satu hasil ekonomi kreatif yang dikembangkan Indonesia sejak dulu. Daerah penghasil/sentra batik antara lain : Surakarta, Yogyakarta dan Pekalongan. Batik merupakan salah satu keunggulan ekonomi yang dimiliki Indonesia yang mampu menembus pasar Internasional dengan ciri khas tertentu.


Pengaruh Pusat Pusat Keunggulan Ekonomi 

Pusat keunggulan ekonomi di Indonesia berpengaruh besar dalam berbagai bidang kehidupan . Pengaruh tersebut bisa berdampak positif maupun negatif.

a. Migrasi Penduduk

Perbedaan karakteristik ruang dan sumber daya yang dimiliki pada berbagai negara menyebabkan setiap negara memiliki keunggulan ekonomi yang mendorong untuk melakukan mobilitas (pergerakan) penduduk. Pergerakan tersebut mencakup pergerakan sumber daya barang atau komoditas antar negara. 

Pengertian mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain. Mereka melakukan mobilitas untuk memperoleh sesuatu yang tidak tersedia ditempat asalnya ( misalkan pendidikan, pekerjaan dsb ), Mobilitas penduduk ada yang bersifat sementara dan ada yang bersifat permanen/tetap (migrasi)

Migrasi penduduk dapat dibedakan menjadi 2 :

  1. Migrasi internal : perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lain dalam satu negara, seperti : urbanisasi, tranmigrasi.
  2. Migrasi Internasional : perpindahan penduduk dari satu negara ke negara lain ( antar negara ) , seperti : imigrasi , emigrasi

b. Transportasi

Untuk mendudkung mobilitas penduduk baik dalam satu negara maupun antar negara pasti dibutuhkan sarana yaitu transportasi. Bentuk transportasi bisa kita bedakan menjadi 3 : 

  1. Transpoortasi darat ( mobil, gerobak, sepeda, kereta api , bus dsb)
  2. Transortasi air baik laut/ sungai ( perahu , kapal laut, dsb )
  3. Transportasi udara ( pesawat terbang, helikopter dsb )

Masing masing tranportasi tersebut diatas memiliki keunggulan tersendiri. 

c. Lebaga Sosial ekonomi

d. Pendidikan

e. Pekerjaan


TUGAS                                                                                                         

1. Kalian cari atau rumuskan keunggulan masing masing alat tranportasi , baik darat, laut maupun udara !
2. Jelaskan penertia dari :
    a. Imigrasi
    b. Emigrasi
    c. Komutasi
    d. Sirkulasi
3. Jelaskan manfaat dari pusat pusat keunggulan ekonomi bagi kehidupan masyarakat !