Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Perilaku Toleran terhadap Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan PPKn Kelas 7 Semester Genap

 C. Perilaku Toleran terhadap Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan


Tuhan menciptakan manusia berbedea dan beragam. Persatuan dan kesatuan di sebuah negara yang beragam dapat diciptakan dalam wujud perilaku toleran terhadap keberagaman tersebut.

Sikap toleran berarti menahan diri, bersikap sabar, membiarkan orang berpendapat lain, dan berhati lapang terhadap orang-orang yang memiliki pendapat berbeda.

Toleransi sejati didasarkan sikap hormat terhadap martabat manusia, hati nurani, dan keyakinan, serta keiklasan sesame apapun agama, suku, golongan, ideologi atau pandangannya.

1. Perilaku Toleran dalam Kehidupan Beragama

Pemerintah Indonesia mengakui enam agama yang ada di Indonesia yaitu : Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu.

Negara menjamin warga negaranya untuk menganut dan mengamalkan ajaran agama masing-masing.Jaminan negara terhadap warga negara untuk memeluk dan beribadah diatur dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 29 ayat [2 ] yang berbunyi, “ Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu.


Agama tidak mengajarkan untuk memaksakan keyakinan kita kepada orang lain.bentuk perilaku kehidupan dalam keberagam agama di antaranya diwujudkan dalam bentuk sebagai berikut :

  1. Melaksanakan ajaran agama yang dianutnya dengan baik dan benar.
  2. Menghormati agama yang diyakini orang lain.
  3. Tidak memaksakan keyakinan agama yang dianutnya kepada orang lain.
  4. Toleran terhadap pelaksanaan ibadah yang dianut  pemeluk agama lain.

2. Perilaku Toleran terhadap Keberagaman Suku dan Ras di Indonesia

Perbedaan suku dan ras antara manusia yang satu dengan manusia yang lain hendaknya tidak menjadi kendala dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia maupun dalam pergaulan dunia.

Baik dan buruknya penilaian orang lain kepada kita bukan karena warna kulit, rupa wajah dan bentuk tubuh melainkan karena baik dan buruknya dalam berperilaku.


3. Perilaku Toleran terhadap Keberagaman Sosial Budaya

Kehidupan social dan keberagaman  kebudayaan yang di miliki bangsa Indonesia tentu menjadi kekayaan bangsa Indonesia.

Bagi seorang pelajar, perilaku dan semangat kebangsaan dalam mempertahankan keberagaman budaya bangsa dapat dilaksanakan dengan :

  1. Mengetahui keanekaragaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia
  2. Mempelajari dan menguasai salah satu seni budaya sesuai dengan minat dan kesenangannya.
  3. Merasa bangga terhadap budaya bangsa sendiri
  4. Menyaring budaya asing yang masuk ke dalam bangsa Indonesia.

Tugas:

Di kerjakan di forum diskusi di ukline

  1. Sebagai warga negara dan seorang pelajar bagaimana sikap kamu jika kamu hidup dilingkungan yang beraneka ragam suku dan perbedaan agama.seperti contohnya tinggal di ibu kota Jakarta. Bagaimana kamu menyikapi perbedaan itu menurut pandanganmu dari materi BAB 4 yang sudah kita pelajari ?