Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Sumpah Pemuda Dalam BIngkai Bhineka TUnggal Ika PPKn Kelas 8 Semester Genap

Sumpah Pemuda Dalam BIngkai Bhineka TUnggal Ika

Negara kesatuan Republik Indonesia lahir karena dipertegas oleh sikap dan komitmen pemuda untuk berbangsa satu dan bertanah air satu Indonesia. Komitmen untuk bangsa dan tanah air Indonesia diikrarkan para pemuda dalam sumpah pemuda 28 Oktober 1928. Sumpah pemuda menjadi sangat penting dalam sejarah bangsa Indonesia karena telah menjadi penegas arah perjuangan bangsa indonesia. Begitu besarnya peran pemuda Indonesia dalam mencapai kemerdekaan sepatutnya dipahami oleh generasi penerus bangsa pada gilirannya dapat menjadi generasi penerus yang dapat mempertahankan semangat sumpah pemuda. 

A. Arti dan makna sumpah pemuda dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia


1. Peran perjuangan pemuda dalam organisasi kepemudaan

Peristiwa soempah pemoeda atau sumpah pemuda merupakan suatu pengakuan dari pemuda pemudi indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Sumpah pemuda dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928 atau kongres pemuda II Indonesia yang hingga kini setiap tahunnya diperingati sebagai hari sumpah pemuda. Sumpah pemuda merupakan babak baru bagi perjuangan bangsa Indonesia karena perjuangan yang bersifat local kedaerahan berubah menjadi perjuangan yang bersifat nasional. Berdirinya Boedi Utomo mendorong bermunculannya organisasi pemuda seperti berikut :

a. Trikoro Dharmo

Didirikan oleh R.Satiman Wiryo Sanjoyo dkk tahun 1915 di Jakarta. Trikoro Dharmo merupakan cikal bakal Jong Java. Memiliki 3 visi mulia yaitu sakti berarti kekuasaan dan kecerdasan, budi berarti bijaksana, bhakti berarti kasih sayang

Visi ini kemudian dikembangkan dalam 3 tujuam sebagai berikut:
  1. Mempererat tali persaudaraan antar siswa siswi bumi putra pada sekolah menengah dan kejuruan
  2. Menambah pengetahuan umum bagi anggotanya
  3. Membangkitkan dan mempertajam peranan untuk segala bahasa dan budaya
Dalam kongres pertama di solo pada tanggal 12 juni 1918 Trikoro Dharmo mengubah namanya menjadi Jong Java yang semula merupakan organisasi non politik menjadi organisasi politik. 

b. Jong Sumateranen Bond

Organisasi kepemudaan persatuan pemuda pelajar sumatera didirikan pada tahun 1917 di Jakarta. Pada kongres ke-III, Jong Sumateranen Bond melontarkan pemikiran Moh Yamin yaitu anjuran agar penduduk nusantara menggunakan bahasa melayu sebagai bahasa pengantar dan bahasa persatuan. 

c. Jong Ambon, Jong Minahasa dan Jong Celebes

Jong Ambon didirikan pada tanhun 1918. antara tahun 1918-1919 berdiri Jong Minahasa dan Jong Celebes. Salah satu tokoh yang lahir dari persatuan pemuda Minahasa adalah Sam Ratulangi. Organisasi pemuda lainnya yang bergerak untuk mewujudkan cita-cita indonesia merdeka adalah sekar rukun (1919), Jong betawi (1927), dan Jong Bataks Bond (1925). Semua organisasi tersebut nantinya mendorong lahirnya sumpah pemuda. 

Soal


Tulislah apa yang sudah kalian ketahui setelah kalian mempelajari materi tersebut!
  1. Semangat dan komitmen peristiwa sumpah pemuda!
  2. Makna sumpah pemuda bagi perjuangan kemerdekaan!