Mengidentifikasi Menu, Submenu Excell Dan Fungsinya Materi TIK (Prakarya 8) Semester Genap

 MENGIDENTIFIKASI MENU, SUBMENU, DAN FUNGSINYA

Menu yaitu, daftar perintah yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah. Baris menu (Menu Bar) berisi barisan perintah, seperti menu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Windows, dan Help.

Untuk menggunakan menu dan perintah yang terdapat pada baris menu, cukup dilakukan dengan cara memilih dan mengklik nama menu yang ada pada baris menu, kemudian klik dan pilih perintah yang diinginkan.

1. Menu File, Submenu File, dan Fungsinya



Submenu File Dan Fungsi

New : Membuka dokumen atau lembar kerja yang baru yang masih kosong.
Open : Membuka file atau dokumen yang telah disimpan.
Close : Menutup dokumen.
Save : Menyimpan dokumen ke hard disk atau disket.
Save As : Menyimpan dokumen dengan nama lain atau format lain.
Save as Web Page : Menyimpan dokumen dalam format web page.
File Search : Mencari teks tertentu dalam file di dokumen.
Permission : Menentukan sifat kerahasiaan dokumen.
Web Page Preview : Melihat tampilan dokumen dalam format web page.
Page Setup : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak.
Print Area : Memilih area pada lembar kerja yang akan dicetak.
Print Preview : Melihat tampilan dokumen yang akan dicetak.
Print : Mencetak dokumen dan mengatur posisi.
Send To : Mengirim dokumen melalui email.
Exit : Menutup program Ms. Excel

2. Menu Edit, Submenu File, dan Fungsinya

3. Menu View, Submenu File, dan Fungsinya


4. Menu Insert, Submenu File, dan Fungsinya


5. Menu Format, Submenu File, dan Fungsinya




6. Menu Tools, Submenu File, dan Fungsinya


7. Menu Data, Submenu File, dan Fungsinya


8. Menu Windows, Submenu File, dan Fungsinya



9. Menu Help, Submenu File, dan Fungsinya



TUGAS

1. Pelajari dan hafalkan menu, submenu dan fungsinya pada aplikasi Ms. Excel!
2. Apakah fungsi dari sub menu dibawah ini?
a. New
b. Copy
c. Page break preview
d. Rows
e. Cells
f. Spelling
g. Text to columns
h. Hide
i. Detect and repair
3. Membuat dan menghapus catatan atas dan catatan bawah, adalah fungsi dari submenu ...
4. Ketika ingin menyimpan suatu dokumen dengan menggunakan nama lain atau format lain, kita harus klik submenu ...
5.  Andi ingin menampilkan baris rumus dilembar kerjanya. Dia harus mengklik submenu ...