No |
Standar Kompetensi / KI |
Kompetensi Dasar |
Materi Pokok |
Indikator Soal |
1 |
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata |
Memahami makna iman
kepada Qadha dan Qadar |
Iman Kepada Qada dan Qadar |
Disajikan H.R. Bukhari
dan Muslim bahwa Allah SWT membuat keputusan tentang
penciptaan manusia peserta didik dapat menunjukkan maksud hadits tersebut dengan benar |
Disajikan ilustrasi
tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari
iman kepada qadha dan qadar peserta didik dapat menunjukkan dengan benar |
||||
Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian Qada
secara bahasa dengan benar |
||||
Disajikan salah satu
rukun Iman peserta didik dapat
menunjukkan rukun Iman ke berapa
dengan benar |
||||
Disajikan pernyataan
tentang prilaku takdir mubram, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan
benar |
||||
Disajikan Q.S. Al
A`raf : 34, peserta didik dapat mengidentifikasi Isi kandungan atau salah
satu macam-macam takdir dengan benar |
||||
Disajikan
ilustrasi tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari takdir Muallaq peserta didik dapat
mengidentifikasi dengan benar |
||||
Disajikan beberapa
dalil naqli peserta didik dapat
mengidentifikasi dalil tentang iman
kepada Qada dan Qadar dengan benar |
||||
Disajikan pernyataan
tentang manfaat beriman kepada qada dan qadar, peserta didik dapat
mengidentifikasi dengan benar |
||||
|
|
|
|
Peserta didik dapat
menjelaskan kewajiban manusia tentang segala sesuatu yang telah di tentukan
Allah SWT dengan benar |
2 |
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata |
Memahami makna tata
krama, sopan santun, dan rasa malu |
Tata Krama, sopan
santun dan Rasa Malu |
Disajikan ilustrasi
tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari
peserta didik dapat mengidentifikasi pengertiannya dengan benar |
Disajikan contoh tata
krama komunikasi lisan peserta didik
dapat mengidentifikasi tata krama tersebut
dengan benar |
||||
Disajikan beberapa
pernyataan tentang tata krama berkomunikasi di media sosial, peserta didik
dapat mengidentifikasi dengan benar |
||||
Disajikan beberapa
pernyataan tentang tata krama dalam bersikap, peserta didik dapat
mengidentifikasi dengan benar |
||||
Disajikan Potongan
Q.S. Al A`raf (7) : 26 peserta didik
dapat mengidentifikasi terjemahan potongan ayat tersebut dengan benar |
||||
Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian santun secara
istilah dengan benar |
||||
Disajikan H.R. Ibnu
Majah tentang Perilaku santun dan malu peserta didik dapat melengkapi
terjemahan hadits tersebut dengan
benar |
||||
Disajikan ilustrasi
tentang perilaku santun dalam kehidupan sehari-hari peserta didik dapat mengidentifikasi
perilaku tersebut dengan benar |
||||
|
|
|
Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian malu secara
istilah dengan benar |
|
|
|
|
Disajikan beberapa
pernyataan tentang perilaku malu, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan
benar |
|
3 |
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata |
Memahami ketentuan
penyembelihan hewan dalam Islam. |
Ketentuan
Penyembelihan Hewan |
Disajikan beberapa
pernyataan tentang ketentuan seorang
penyembelih hewan peserta didik dapat
mengidentifikasi ketentuan tersebut dengan benar |
Disajikan Potongan
Q.S. Al Maidah (5): 3 peserta didik dapat mengidentifikasi terjemahan
potongan ayat tersebut dengan benar |
||||
Disajikan pernyataan
tentang tata cara penyembelihan hewan peserta didik dapat mengidentifikasinya
dengan tepat |
||||
Disajikan beberapa
pernyataan tentang tata cara penyembelihan secara tradisional peserta didik
dapat mengidentifikasinya dengan benar |
||||
4 |
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata |
Memahami ketentuan
qurban dan aqiqah. |
Qurban dan Aqiqoh |
Disajikan pernyataan
tentang ketentuan aqiqah, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar |
Disajikan H.R. Ibnu
Majah tentang tata cara pelaksanaan aqiqah, peserta didik dapat
mengidentifikasi dengan benar |
||||
Disajikan pernyataan
tentang ketentuan aqiqah, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar |
||||
Disajikan pernyataan
tentang perintah ibadah qurban peserta didik dapat mengidentifikasi dalilnya
dengan benar |
||||
Disajikan beberapa
gambar hewan qurban, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar |
||||
Peserta didik dapat mengidentifikasi waktu pelaksanaan kurban dengan benar |
||||
5 |
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata |
Memahami sejarah
tradisi Islam Nusantara. |
Sejarah tradisi Islam
Nusantara |
Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian budaya Islam
dengan benar |
Disajikan ilustrasi
tentang budaya Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi
prinsip-prinsip budaya Islam dengan
benar |
||||
Disajikan ilustrasi
tentang akulturasi tradisi/budaya Islam di Nusantara, peserta didik dapat
mengidentifikasi dengan benar |
||||
Disajikan ilustrasi
tentang akulturasi tradisi/budaya Islam di Nusantara, peserta didik dapat
mengidentifikasi dengan benar |
||||
Disajikan tabel
tentang beberapa akulturasi budaya
Islam, peserta didik dapat
mengidentifikasi dengan benar |
||||
Disajikan ilustrasi
tentang salah satu kekayaan ragam
Islam, peserta didik dapat mengidentifikasi
dengan benar |
||||
Disajikan ilustrasi
tentang tradisi Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar |
||||
Disajikan ilustrasi
tentang tradisi Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar |
||||
Disajikan ilustrasi
tentang tradisi Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar |
||||
Disajikan ilustrasi
tentang tradisi Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar |
||||
6 |
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata |
Memahami Q.S. al-
HujurÄt/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan Hadis terkait. |
QS. Al Hujurat : 13
Toleransi dan Menghargai Perbedaan |
Disajikan ilustrasi
tentang perilaku tasamuh, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar |
Disajikan ilustrasi
tentang perilaku tasamuh dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat
mengidentifikasi dengan benar |
||||
Disajikan kisah
Rasulullah SAW tentang sikap tasamuh, peserta didik dapat
mengidentifikasi dengan benar |
||||
Disajikan tanda-tanda
waqaf, peserta didik dapat mengidentifikasi nama tanda-tanda waqaf tersebut dengan benar |
||||
Disajikan tanda waqaf,
peserta didik dapat mengidentifikasi
dengan benar |
||||
Disajikan tanda waqaf, peserta didik dapat
mengidentifikasi pengertian tanda waqaf tersebut dengan benar |
||||
Disajikan tanda waqaf, peserta didik dapat
mengidentifikasi pengertian tanda waqaf tersebut dengan benar |
||||
Disajikan potongan
Q.S. Al Hujurat(49): 13, peserta didik dapat mengartikan potongan ayat
tersebut dengan benar |
||||
Disajikan potongan
Q.S. Al Hujurat(49): 13, peserta didik dapat mengartikan potongan ayat tersebut
dengan benar |
||||
Disajikan H.R. At
Tirmidzi tentang tasamuh, peserta
didik dapat melengkapi terjemahan hadits tersebut dengan benar |