Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kisi - Kisi Penilaian Akhir Semester | PAS Kelas 9 2020 - 2021 PAI

No

Standar Kompetensi / KI

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Indikator Soal

1

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Memahami makna iman kepada Qadha dan Qadar

Iman Kepada Qada dan Qadar

Disajikan H.R. Bukhari dan Muslim  bahwa  Allah SWT membuat keputusan tentang penciptaan manusia peserta didik dapat menunjukkan  maksud hadits tersebut dengan benar

Disajikan ilustrasi tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari  iman kepada qadha dan qadar peserta didik dapat menunjukkan  dengan benar

Peserta didik dapat menjelaskan  pengertian Qada secara  bahasa   dengan benar

Disajikan salah satu rukun Iman  peserta didik dapat menunjukkan  rukun Iman ke berapa dengan benar

Disajikan pernyataan tentang prilaku takdir mubram, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar

Disajikan Q.S. Al A`raf : 34, peserta didik dapat mengidentifikasi Isi kandungan atau salah satu macam-macam takdir dengan benar

Disajikan ilustrasi  tentang  perilaku dalam kehidupan sehari-hari   takdir Muallaq peserta didik dapat mengidentifikasi   dengan benar

Disajikan beberapa dalil naqli  peserta didik dapat mengidentifikasi  dalil tentang iman kepada Qada dan Qadar  dengan benar

Disajikan pernyataan tentang manfaat beriman kepada qada dan qadar, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar

 

 

 

 

Peserta didik dapat menjelaskan kewajiban manusia tentang segala sesuatu yang telah di tentukan Allah SWT  dengan benar

2

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Memahami makna tata krama, sopan santun, dan rasa malu

Tata Krama, sopan santun dan Rasa Malu

Disajikan ilustrasi tentang perilaku dalam kehidupan sehari-hari  peserta didik dapat mengidentifikasi pengertiannya  dengan benar

Disajikan contoh tata krama komunikasi lisan  peserta didik dapat mengidentifikasi tata krama tersebut  dengan benar

Disajikan beberapa pernyataan tentang tata krama berkomunikasi di media sosial, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar

Disajikan beberapa pernyataan tentang tata krama dalam bersikap, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar

Disajikan Potongan Q.S. Al A`raf (7) : 26  peserta didik dapat mengidentifikasi terjemahan potongan ayat tersebut dengan benar

Peserta didik dapat menjelaskan  pengertian santun secara istilah dengan benar

Disajikan H.R. Ibnu Majah tentang Perilaku santun dan malu peserta didik dapat melengkapi terjemahan hadits tersebut  dengan benar

Disajikan ilustrasi tentang perilaku santun dalam kehidupan sehari-hari   peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku tersebut   dengan benar

 

 

 

Peserta didik dapat menjelaskan  pengertian malu secara istilah dengan benar

 

 

 

Disajikan beberapa pernyataan tentang perilaku malu, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar

3

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Memahami ketentuan penyembelihan hewan dalam Islam.

Ketentuan Penyembelihan Hewan

Disajikan beberapa pernyataan  tentang ketentuan seorang penyembelih hewan  peserta didik dapat mengidentifikasi ketentuan tersebut dengan benar

Disajikan Potongan Q.S. Al Maidah (5): 3 peserta didik dapat mengidentifikasi terjemahan potongan ayat tersebut dengan benar

Disajikan pernyataan tentang tata cara penyembelihan hewan peserta didik dapat mengidentifikasinya dengan tepat

Disajikan beberapa pernyataan tentang tata cara penyembelihan secara tradisional peserta didik dapat mengidentifikasinya dengan benar

4

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Memahami ketentuan qurban dan aqiqah.

Qurban dan Aqiqoh

Disajikan pernyataan tentang ketentuan aqiqah, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar

Disajikan H.R. Ibnu Majah tentang tata cara pelaksanaan aqiqah, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar

Disajikan pernyataan tentang ketentuan aqiqah, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar

Disajikan pernyataan tentang perintah ibadah qurban peserta didik dapat mengidentifikasi dalilnya dengan benar

Disajikan beberapa gambar hewan qurban, peserta didik dapat mengidentifikasi dengan benar

Peserta didik  dapat mengidentifikasi  waktu pelaksanaan kurban  dengan benar

5

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara.

Sejarah tradisi Islam Nusantara

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian budaya Islam  dengan benar

Disajikan ilustrasi tentang budaya Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi prinsip-prinsip budaya Islam  dengan benar

Disajikan ilustrasi tentang akulturasi tradisi/budaya Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi  dengan benar

Disajikan ilustrasi tentang akulturasi tradisi/budaya Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi  dengan benar

Disajikan tabel tentang beberapa akulturasi  budaya Islam, peserta didik dapat  mengidentifikasi dengan benar

Disajikan ilustrasi tentang  salah satu kekayaan ragam Islam, peserta didik dapat mengidentifikasi  dengan benar

Disajikan ilustrasi tentang tradisi Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi  dengan benar

Disajikan ilustrasi tentang tradisi Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi  dengan benar

Disajikan ilustrasi tentang tradisi Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi  dengan benar

Disajikan ilustrasi tentang tradisi Islam di Nusantara, peserta didik dapat mengidentifikasi  dengan benar

6

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Memahami Q.S. al- Hujurāt/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan Hadis terkait.

QS. Al Hujurat : 13 Toleransi dan Menghargai Perbedaan

Disajikan ilustrasi tentang perilaku tasamuh, peserta didik dapat mengidentifikasi  dengan benar

Disajikan ilustrasi tentang perilaku tasamuh dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengidentifikasi  dengan benar

Disajikan kisah Rasulullah SAW tentang sikap tasamuh, peserta didik dapat mengidentifikasi  dengan benar

Disajikan  tanda-tanda  waqaf, peserta didik dapat mengidentifikasi  nama tanda-tanda  waqaf tersebut dengan benar

Disajikan tanda waqaf, peserta didik dapat mengidentifikasi  dengan benar

Disajikan  tanda waqaf, peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian tanda waqaf tersebut dengan benar

Disajikan  tanda waqaf, peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian tanda waqaf tersebut dengan benar

Disajikan potongan Q.S. Al Hujurat(49): 13, peserta didik dapat mengartikan potongan ayat tersebut dengan benar

Disajikan potongan Q.S. Al Hujurat(49): 13, peserta didik dapat mengartikan potongan ayat tersebut dengan benar

Disajikan H.R. At Tirmidzi tentang  tasamuh, peserta didik dapat melengkapi terjemahan hadits tersebut dengan benar