Perwujudan Nilai - Nilai Pancasila Dalam Berbagai Kehidupan

 PERWUJUDAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM BERBAGAI KEHIDUPAN 

Masih ingatkah kalian, nilai yang terkandung dalam pancasila? Bagus apabila kalian masih ingat. Sila-sila dalam pancasila merupakan suatu kesatuan yang tidak terpisahkan. Masing-masing pancasila tidak dapat dipahami secara terpisah dengan sila yang lain. Tata urutan pancasila memiliki makna saling dijiwai dan menjiwai oleh sila sebelum dan sesudahnya.

Penjelasan Materi :



1. Perwujudan nilai pancasila dalam bidang politik dan hukum perkembagan bidang politik, meliputi persoalan lembaga negara, hak asasi manusia, demokrasi, dan hukum. Pembangunan negara indonesia sebagai negara modern, salah satunya adalah membangun sistim pemerintahan yang sesuai dengan perkembangan zaman. 

Lembaga negara baru sesuai dengan amandemen UUD NRI 1945 adalah DPD, MK, dan KY. Lembaga ini haruslah sesuai dengan sistim pemerintahan yang berdasarkan nilai-nilai pancasila, bukan mengutamakan kebebasan individu atau mengutamakan kewajiban tanpa menghargai hak individu. Demokrasi yang dikembangkan adalah demokrasi pancasila. 

Suatu sistim demokrasi yang tumbuh dari tradisi nilai-nilai budaya bangsa. Pembangunan dalam bidang hukum diarahkan pada terciptanya sistim hukum nasional yang berdasarkan pancasila. Hukum nasional harus bersumber pada nilai-nilai pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum.

2. Perwujudan nilai-nilai pancasila dalam bidang ekonomi sistem ekonomi yang dijiwai oleh nilai-nilai pancasila. Ditegaskan dalam UUD NRI Tahun 1945 pasal 33

3. Perwujudan nilai-nilai pancasila dalam bidang sosial budaya. 
Tujuan pembangunan nasional adalah terwujudnya masyarakat adil dan makmur berdasarkan pancasila. Sistem nilai sosial yang ada dalam masyarakat indonesia terus dikembangkan agar lebih maju dan modern. Modernisasi bukan berarti westernisasi namun lebih diartikan sebagai proses perubahan menuju ke arah kemajuan. Nilai-nilai sosial yang sudah ada dalam masyarakat yang sesuai dengan pancasila. Seperti kekeluargaan, gotong royong, musyawarah terus dipelihara dan di wariskan kepada generasi muda

4. Perwujudan nilai-nilai pancasila dalam bidang pertahanan dan keamanan.
Pembangunan alam bidang pertahanan dan keamanan. Secara tegas dinyatakan dalam UUD NRI 1945 Pasal 27 ayat (3) bahwa pembelaan negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara. Demikian juga pasal 30 ayat (1) UUD NRI tahun 1945 setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dan usaha pertahanan dan keamanan negara. Bentuk partisipasi rakyat dalam pembelaan negara, adalah adanya kegiatan siskamling/ronda malam. 

Tugas !
Jawablah pertanyaan soal berikut dengan benar!
  1. Berilah tiga (3) contoh perwujudan nilai pancasila dalam bidangg politik di lingkungan sekolah!
  2. Jelaskan arti penting mempertahankan pancasila sebagai dasar negara.

TERIMA KASIH