Makna Alinea Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 PPKn Kelas 9

Pembukaan UUD 1945

Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 menjadi sumber motivasi, inspirasi, semangat dan tekad untuk menegakkan cita-cita hukum dan moral bangsa Indonesia karena mengandung nilai-nilai penting, hal tersebut terbukti pada setiap alenia Pembukaan UUD  Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Alenia Pertama

     Alenia Pertama berisi pengakuan kemerdekaan sebagai hak kodrati segala bangsa, bangsa Indonesia telah mengalami penderitaan dan penindasan oleh penjajahan yang tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan berperikeadilan sehingga sepatutnya ditiadakan. Dengan demikian bangsa Indonesia harus selalu berjuang melawan segala bentuk penjajahan dan mendukung kemerdekaan. 

Alenia Kedua

    Alenia kedua berisi penilaian para pendiri bangsa yang menjelaskan bahwa perjuangan kemerdekaan merupakan saat yang menentukan bagi bangsa Indonesia untuk menyatakan kemerdekaan, serta melanjutkan perjuangan untuk mewujudkan negara yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur

Alenia Ketiga

    Alenia ketiga berisi penegasan ulang kemerdekaan bangsa Indonesia yang telah diraih dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hal tersebut menunjukkan nilai religi bangsa Indonesia. Hal terpenting lainnya adalah proklamasi kemerdekaan RI menjadi titik kulminasi (puncak tertinggi) pencapaian dalam menentukan nasib sendiri sebagai bangsa yang merdeka.

Alenia Keempat

   Alenia keempat berisi prinsip-prinsip penyelenggaraan Pemerintahan Indonesia sebagai berikut : 
Tujuan negara
Ketentuan pembukaan UUD
Bentuk dan Norma Negara
Dasar Negara

Tugas

  1. Jelaskan kaitan Proklamasi dengan pembukaan UUD Negara Republik Indonesia  Tahun 1945.
  2. Jelaskan pendapatmu tentang Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Alenia keempat sebagai Tujuan Negara.