Perangkat Lunak Pengolah Kata Microsoft Word Materi Pembelajaran TIK Kelas 8 SMPN 3 MOjogedang

Perangkat Lunak Pengolah Kata Microsoft Word


Kompetensi Dasar

1.1 Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata


Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari bab ini, kamu diharapkan mampu:
1. mengetahui sejarah Microsoft Word;
2. mengaktifkan Microsoft Word;
3. mengetahui menu dan ikon dalam Microsoft Word;
4. mengetahui tombol-tombol keyboard dan fungsinya dalam Microsoft Word;
5. menutup program Microsoft Word.

Mengenal Microsoft Word

Microsoft word adalah software (perangkat lunak) yang befungsi untuk mengolah kata yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft. Word merupakan salah satu paket dari kumpulan paket-paket microsoft office seperti excel, power point, access, outlock, dan lainnya.

Perangkat Lunak Pengolah Kata Microsoft Word Materi Pembelajaran TIK Kelas 8 SMPN 3 MOjogedang

Sejarah Microsot Word

Microsoft word pertama kali rilis pada tanggal 25 Oktober 1983 dengan nama Multi-Tool Word, awalnya software ini hanya bisa digunakan untuk sistem xenix, karena Microsoft Windows waktu itu belum rilis.

Pada tanggal 1 Februari 1983, perusahaan Microsoft mangangkat Charles Simonyi yaitu seorang pengembang perangkat lunak pengolah kata pertama di dunia yaitu Bravo dari Xerox PARC, untuk menjadi salah satu bagian dari pengembangan Multi-Tool Word.
Tanggal 25 Oktober 1983, perusahaan Microsoft merilis vesri terbaru untuk perangkat IBM PC, MS-DOS dan Xenix. Di tahun ini juga Microsoft resmi mengganti Multi-tool Word menjadi Microsoft Word.

Perkembangan teknologi komputer dan juga software pengolah kata yang semakin hari kian berkembang, Microsoft juga terus mengembangkan dan menyempurnakan microsoft word-nya.

Nah sekarang tugas kalian adalah mempelajari lebih lanjut tentang sejarah Microsoft word. Kemudian cari tahu siapa pendiri Microsoft? Dan versi berapakah Ms. Word sekarang?

Untuk sejarah lebih lanjut bisa dibaca di:
1. Buku paket
2. https://bilabil.com/sejarah-microsoft-word/