Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Struktur Teks Berita Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 Pertemuan Ketiga

Struktur Teks Berita Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 Pertemuan Ketiga

Melanjutkan materi kita tentang teks berita, pada pertemuan ketiga ini kita akan fokus pada satu pembahasan yakni struktur teks berita itu sendiri.



Pada sebuah teks berita secara garis besar sesungguhnya beri tiga hal pokok yaitu sebagai berikut :

1. Orientasi :
Yaitu berisi penjelasan singkat mengenai berita yang dibahas.

2. Peristiwa :
Yaitu berisi proses kejadian tentang peristiwa yang diberitakan berdasarkan fakta. 
  
3. Sumber Berita :
Yaitu dari mana sumber berita yang diberitakan  muncul ( tidak selamanya sumber berita dicantumkan di bagian akhir teks berita )

Pada penulisan teks berita biasanya menggunakan struktur piramida terbalik, yaitu meletakkan isi pokok berita pada posisi paling atas sebagai inti berita, sedangkan semakin ke bawah adalah semakin tidak penting atau hanya sebagai berita tambahan saja.

Oleh karena itu pada struktur ini dikenal dengan piramida terbalik yang terdiri dari unsur sebagai berikut :

1. Kepala Berita (Lead) :  berisi informasi yang memiliki prioritas utama dari unsur-unsur 5W+1H, yaitu apa, di mana, kapan, siapa

2. Badan Berita (Body)  :  berisi penjabaran dari gagasan berita yang ada dalam kepala berita, biasanya berisi unsur why / how

3. Ekor Berita :berisi berbagai data yang tidak  terlalu penting, misalnya daftar nama atau hal lain yang tidak terlalu berpengaruh terhadap pokok bahasan berita

Contoh Teks Berita dan Strukturnya 

 JUDUL
      ANTREAN TRUK DI PELABUHAN MERAK MENJELANG LEBARAN

      KEPALA BERITA
Pada hari Sabtu, 15 November atau sepuluh hari menjelang Lebaran , Pelabuhan Penyeberangan Merak mulai dipadati truk yang mengangkut barang nonsembilan bahan pokok ( nonsembako ).

TUBUH BERITA
Tingginya arus truk dalam dua hari terakhir karena adanya larangan melintas bagi truk pengangkut barang nonsembako pada tanggal 21-25 November. Larangan tersebut berlaku  bagi truk bersumbu lebih dari dua yaitu truk gandengan, truk tempelan, dan truk kontainer.

EKOR BERITA
Penumpukan truk menyebabkan antrean hingga 100-an meter. Antrean terjadi di dermaga satu hingga empat. Para sopir harus menunggu sekitar dua hingga tiga hari untuk bisa masuk kapal.

Simak video pembahasannya berikut :



SOAL-SOAL POSTEST BAHASA INDONESIA KELAS VIII  STRUKTUR TEKS BERITA

1.  Sebutkan bagian-bagian teks berita yang berbentuk piramida terbalik ! 
2.  Tentukan struktur piramida terbalik teks berita di bawah ini dengan benar! 
     (1) Seorang pelajar SMA dilaporkan tewas setelah mengalami kecelakaan di depan SPBU Caruban, di ruas jalan nasional Surabaya-Madiun Km 147, Senin ( 1/6 /2020 ) siang. (2) Korban meninggal atas nama Juni Dana Saputra (17) warga Desa Pajaran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. (3) Petaka yang menimpa Juni berawal ketika korban melaju kencang dengan sepeda motor Honda Tiger AE 4755 HG. (4) Sesampainya di tempat kejadian perkara bertabrakan dengan truk bernomor polisi AD 1409 HN yang meluncur dari arah berlawanan. (5) Kerasnya benturan mengakibatkan korban tewas di tempat. (6) Hasil olah tempat kejadian perkara menyebutkan kecelakaan diduga terjadi lantaran ketidakhati-hatian korban mengendalikan sepeda motornya. (7) Saat ini jenazah korban sementara berada di RSUD Caruban. (9) Sementara truk dan sepeda motor  milik korban diamankan Satlantas Polres Madiun.