A. KOMPETENSI DASAR ( KD )
3.3. Memahami
keunggulan dan keterbatasan ruang dalam penawaran dan permintaan, teknologi serta pengaruhnya terhadap
interaksi antarruang bagi kegiatan
ekonomi, sosial, budaya di Indonesia dan negara – negara ASEAN.
3.4. Menyajikan keunggulan dan keterbatasan ruang dalam
penawaran dan permintaan, teknologi serta pengaruhnya terhadap interaksi
antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya dan negara – negara ASEAN.
B. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini,
peserta didik diharapkan mampu :
1. Menjelaskan keunggulan dan keterbatasan
antarruang dalam permintaan, penawaran, teknologi.
2. Mendiskripsikan
pengertian pelaku ekonomi.
3. Mengidentifikasi
peran pelaku ekonomi
C. MATERI
PEMBELAJARAN
1. Keunggulan dan keterbatasan antarruang serta
peran pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian.
a. Keunggulan
dan keterbatasan antarruang dalam permintaan, penawaran, dan teknologi.
b. Penegertian
pelaku ekonomi.
c. Peran
pelaku ekonomi dalam perekonomian.
D. PROSES
PEMBELAJARAN
Assalamu’alaikum wr wb.
Puji syukur kita
panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala karunia yang telah dilimpahkan untuk
kita semua dan selamat berjumpa kembali anak – anak, semoga diawal pelajaran semester
genap tahun pelajaran 2020 – 2021 ini, walaupun kondisi belum memungkinkan
untuk mengikuti pembelajaran secara langsung, namun anak – anak harus tetap
semangat, jaga diri kalian dengan baik, belajar
giat dan sungguh – sungguh dengan memanfaatkan waktu sebaik – baiknya
untuk meraih masa depan yang sukses. Karena kesuksesan tidak datang secara tiba
– tiba tetapi harus diperjuangkan dengan sekuat tenaga, dan semoga dengan demikian
tujuan dapat terwujud dan memiliki keunggulan.
Seperti yang
akan dibahas dalam pertemuan yang pertama ini adalah keunggulan dan
keterbatasan antarruang serta peran pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian.
Kita bersyukur bahwa
Bangsa Indonesia cukup banyak dan beragam sumber daya di setip daerah, Akan
tetapi, tidak ada daerah yang sanggup memenuhi semua kebutuhannya dari
daerahnya sendiri. Sering kali, produk – produk tertentu didatangkan dari
daerah lain. Hal ini disebabkan keragaman sumber daya antar daerah. Ada daerah
yang kelebihan produk tertentu, ada juga daerah yang kekurangan, Inilah yang
dimaksud keunggulan dan keterbatasan antar ruang, Hal inilah akan menimbulkan
terjadinya permintaan dan penawaran akan suatu barang tertentu tergantung pada
kebutuhan masing – masing daerah.
1. Pengertian Permintaan dan Penawaran
Permintaan
Permintaan ialah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dalam kurun waktu
Contoh: seseorang berniat untuk membeli suatu barang
yang sesuai dengan harga yang diinginkan di suatu
pasar. Hal ini berarti orang tersebut melakukan proses
permintaan kepada seorang penjual
PENAWARAN
A.
Pengertian Penawaran
Penawaran adalah sejumlah barang yan dijual
atau ditawakan pada suatu harga dan kurun waktu tertentu.
Contoh:
Seorang penjual di sebuah pasar yang menawarkan barang-barang dagangannya
kepada pmbli yang ada di pasar.
B.
Hukum Penawaran
“semakin tinggi tingkat harga suatu barang
akan semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan (cateris paribus)”.
Hukum diatas dapat diartikan,apabila harga
naik, maka jumlah barang atau jasa yang ditawarkan meningkat. Jika harga barang
atau jasa turun, maka jumlah barang/jasa yang ditawarkan berkurang
Dapat disimpulkan bahwa hokum penawaran berbanding lurus dngan harga barang
C.
Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat
penawaran (Suply)
a.
Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Contoh:Produsen akan
mempoduksi produk lebih sediki apabila biaya produksi yang dikeluarkan lebih
tinggi dan secara otomatis harga jual barang tersebut juga tinggi.
b.
Tujuan Perusahaan
Perusahaan yang
bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual
produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi.
Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan
menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga
harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.
c.
Pajak
Pajak yang naik akan
mempengaruhi jumlah permintaan,karena dengan kenaikan pajak,harga barangpun
menjadi lebih tinggi.
d.
Ketersediaan dan Harga Barang
pengganti/pelengkap
Penjual yang menjual
barang sejenis dengan harga murah,maka pembeli akan beralih ke produk yang lebih
murah diantara penjual tersebut.
e.
Prediksi
Ketika harga jual akan
naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi
dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat
berbagai faktor.
PENGERTIAN
DAN PERAN PELAKU EKONOMI
Pelaku Ekonomi
Pelaku Ekonomi adalah seorang individu, kelompok, atau lembaga yang
terlibat dalam kegiatan perekonomian baik konsumsi, distribusi, maupun
produksi.
Secara Umum, Pelaku Ekonomi dibagi menjadi empat kelompok besar, yaitu
1.
Rumah Tangga Keluarga
2.
Luar Negeri
3.
Perusahaan
4.
Pemerintah
Penjelasan
1.
Rumah Tangga Keluarga
Rumah tangga keluarga adalah pelaku
ekonomi dengan lingkup kecil yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Terdapat
juga individu bukan dari keluargatersebut dapat dikatakan anggota keluarga
karena terlibat kegiatan ekonomidi keluarga tersebut, seperti nenek, kakek,
saudara, atau pembantu
Berikut peran rumah tangga keluarga dalam kegiatan ekonomi
1. Rumah tangga keluarga sebagai produsen: rumah tangga dapatmenghasilkan
barang dan jasa dalam memenuhi kebutuhan konsumen
2. Rumah tangga keluarga sebagai distributor: dengan membuka warungatau toko,
menjadi pedagang, dll. Tujuannya adalah untuk mendapatkanpenghasilan.
3. Rumah tangga keluarga sebagai konsumen: setiap pelaku ekonomi memiliki
kegiatan konsumsi yang berasal dari hasil pendapatan yangdiperoleh, sehingga
kegiatan ekonomi utama dalam rumah tangga keluarga adalah konsumsi
2.
Masyarakat Luar Negeri
Masyarakat sebagai produsen: anggota kelompok dengan penghasilan pendapatan
dari menjual produksi produk barang atau jasa, seperti berdagang, membuat
kerajinan, hewan ternak, dll.
Peran masyarakat luar negeri dalam perekonomian adalah kegiatan dalam
perdagangan Internasional.
Masyarakat sebagai distributor: Peran ini dapat terwujud
jika masyarakat menjadi penyalur bahan produksi ke konsumen.
Masyarakat keluarga sebagai konsumen: Setiap kelompok masyarakat tentu
membutuhkan barang dan jasa untuk kelangsungan usaha dan hidupnya. Masyarakat
adalah pengguna produk-produk umum.
3.
Perusahaan
Perusahaan adalah suatu badan usaha yang menjalankan
suatu kegiatan yang menghasilkan produk dan jasa yang
bertujuan memperoleh keuntungan. Peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi adalah
sebagai berikut:
1.
Perusahaan sebagai
produsen: Peran utama perusahaan untuk produksi dengan menghasilkan keuntungan.
Tentu saja perusahaan berperan sebagai produsen
2.
Perusahaan sebagai
distributor: distributor agar produknya sampai kekonsumen.
3.
Perusahaan sebagai
konsumen: Kegiatan konsumsi perusahaan berkaitan erat dengan kegiatan produksi,
misalnya pengadaan bahan pokok,pengadaan
alat dan bahan dan pendanaan upah karyawan.
4.
Pemerintah
Pemerintah adalah lembaga kepemerintahan yang tugasnya untuk memperhatikan
kegiatan perekonomian tetap berjalan. Peran pemerintah dalam kegiatan
perekonomian adalah sebagai berikut:
1.
Pemerintah sebagai
produsen: Pemerintah terlibat dalam peran untuk mewujudkan sebesar-besarnya
kemakmuran rakyat Indonesia. Sebagai pelaksana kegiatan produksi pemerintah
membuat Badan Usaha MilikNegara (BUMN)
2.
Pemerintah sebagai
distributor: Penyaluran sesuatu dari yang berlebihan kepada yang kekurangan agar terwujudnya kesejahteraan secara merata
3.
.Pemerintah sebagai konsumen: Dalam pemenuhan kebutuhan untuk menjalankan
tugasnya, pemerintah membutuhkan dana yang akan digunakan. Kata pemenuhan
kebutuhan yang dikatakan pemerintah adalah konsumen. Contohnya adalah untuk
membeli peralatan. Kegiatan konsumsi
pemerintah memiliki tujuan dalam meningkatkan kesejahteraan
rakyat, dan membangun sarana prasarana negara.
Demikian anak – anak materi yang saya sampaikan, Kemudian silahkan untuk
dibaca sendiri Buku Paket Kelas VIII, Halaman135 -154.
Dan selanjutnya sialhkan dikerjakan
tugas berikut dengan penuh tanggung jawab
1.Jelaskan apa yang kamu ketahui tentan keunggulan dan keterbatasan
antarruang dalam permintaan, penawaran dan teknologi !
2.Jelaskan perbedaan permintaan dengan penawaran !
3.Sebutkan 5 faktor yang mempengaruhi penawaran !
4.Jelaskan pengertian pelaku ekonomi
5.Coba berikan penjelasan secara singkat peran perilaku ekonomi rumah
keluarga atau rumah tangga konsumen !