Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ringkasan Materi IPS Kelas 8 Keunggulan Dan Keterbatasan Antarruang Serta Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya Di Indonesia Dan ASEAN

A.    KOMPETENSI DASAR ( KD )

3.3. Memahami keunggulan dan keterbatasan ruang dalam penawaran dan permintaan,  teknologi serta pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan  ekonomi, sosial, budaya di Indonesia dan negara – negara ASEAN.

3.4. Menyajikan  keunggulan dan keterbatasan ruang dalam penawaran dan permintaan, teknologi serta pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya dan negara – negara ASEAN.



B.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu :

1. Menjelaskan keunggulan dan keterbatasan antarruang dalam permintaan, penawaran, teknologi.

2. Mendiskripsikan pengertian pelaku ekonomi.

3. Mengidentifikasi peran pelaku ekonomi

 

C.     MATERI PEMBELAJARAN

1.   Keunggulan dan keterbatasan antarruang serta peran pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian.

a.   Keunggulan dan keterbatasan antarruang dalam permintaan, penawaran, dan teknologi.

b.   Penegertian pelaku ekonomi.

c.   Peran pelaku ekonomi dalam perekonomian.

 

D.    PROSES PEMBELAJARAN

Assalamu’alaikum wr wb.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala karunia yang telah dilimpahkan untuk kita semua dan selamat berjumpa kembali anak – anak, semoga diawal pelajaran semester genap tahun pelajaran 2020 – 2021 ini, walaupun kondisi belum memungkinkan untuk mengikuti pembelajaran secara langsung, namun anak – anak harus tetap semangat, jaga diri kalian dengan baik, belajar  giat dan sungguh – sungguh dengan memanfaatkan waktu sebaik – baiknya untuk meraih masa depan yang sukses. Karena kesuksesan tidak datang secara tiba – tiba tetapi harus diperjuangkan dengan sekuat tenaga, dan semoga dengan demikian tujuan dapat terwujud dan memiliki keunggulan.

Seperti yang akan dibahas dalam pertemuan yang pertama ini adalah keunggulan dan keterbatasan antarruang serta peran pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian.

Kita bersyukur bahwa Bangsa Indonesia cukup banyak dan beragam sumber daya di setip daerah, Akan tetapi, tidak ada daerah yang sanggup memenuhi semua kebutuhannya dari daerahnya sendiri. Sering kali, produk – produk tertentu didatangkan dari daerah lain. Hal ini disebabkan keragaman sumber daya antar daerah. Ada daerah yang kelebihan produk tertentu, ada juga daerah yang kekurangan, Inilah yang dimaksud keunggulan dan keterbatasan antar ruang, Hal inilah akan menimbulkan terjadinya permintaan dan penawaran akan suatu barang tertentu tergantung pada kebutuhan masing – masing daerah.

1.  Pengertian Permintaan dan Penawaran

Permintaan

Permintaan ialah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dalam kurun waktu


Contoh: seseorang berniat untuk membeli suatu barang yang sesuai dengan harga yang diinginkan di suatu pasar. Hal ini berarti orang tersebut melakukan proses permintaan kepada seorang penjual



 


PENAWARAN

A.     Pengertian Penawaran

Penawaran adalah sejumlah barang yan dijual atau ditawakan pada suatu harga dan kurun waktu tertentu.
Contoh:
Seorang penjual di sebuah pasar yang menawarkan barang-barang dagangannya kepada pmbli yang ada di pasar.

B.     Hukum Penawaran

“semakin tinggi tingkat harga suatu barang akan semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan (cateris paribus)”.

Hukum diatas dapat diartikan,apabila harga naik, maka jumlah barang atau jasa yang ditawarkan meningkat. Jika harga barang atau jasa turun, maka jumlah barang/jasa yang ditawarkan berkurang
Dapat disimpulkan bahwa hokum penawaran berbanding lurus dngan harga barang

C.     Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penawaran (Suply)

a.     Biaya produksi dan teknologi yang digunakan

Contoh:Produsen akan mempoduksi produk lebih sediki apabila biaya produksi yang dikeluarkan lebih tinggi dan secara otomatis harga jual barang tersebut juga tinggi.

b.    Tujuan Perusahaan

Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.

c.     Pajak

Pajak yang naik akan mempengaruhi jumlah permintaan,karena dengan kenaikan pajak,harga barangpun menjadi lebih tinggi.

d.    Ketersediaan dan Harga Barang pengganti/pelengkap

Penjual yang menjual barang sejenis dengan harga murah,maka pembeli akan beralih ke produk yang lebih murah diantara penjual tersebut.

e.     Prediksi

Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan  diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.

 

PENGERTIAN DAN PERAN PELAKU EKONOMI

Pelaku Ekonomi

Pelaku Ekonomi adalah seorang individu, kelompok, atau lembaga yang terlibat dalam kegiatan perekonomian baik konsumsi, distribusi, maupun produksi.

Secara Umum, Pelaku Ekonomi dibagi menjadi empat kelompok besar, yaitu

1.      Rumah Tangga Keluarga

2.      Luar Negeri

3.      Perusahaan

4.      Pemerintah

 

 

Penjelasan

1.      Rumah Tangga Keluarga

Rumah tangga keluarga adalah pelaku ekonomi dengan lingkup kecil yang terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Terdapat juga individu bukan dari keluargatersebut dapat dikatakan anggota keluarga karena terlibat kegiatan ekonomidi keluarga tersebut, seperti nenek, kakek, saudara, atau pembantu

Berikut peran rumah tangga keluarga dalam kegiatan ekonomi

1.      Rumah tangga keluarga sebagai produsen: rumah tangga dapatmenghasilkan barang dan jasa dalam memenuhi kebutuhan konsumen

2.      Rumah tangga keluarga sebagai distributor: dengan membuka warungatau toko, menjadi pedagang, dll. Tujuannya adalah untuk mendapatkanpenghasilan.

3.      Rumah tangga keluarga sebagai konsumen: setiap pelaku ekonomi memiliki kegiatan konsumsi yang berasal dari hasil pendapatan yangdiperoleh, sehingga kegiatan ekonomi utama dalam rumah tangga keluarga adalah konsumsi

2.      Masyarakat Luar Negeri

Masyarakat sebagai produsen: anggota kelompok dengan penghasilan pendapatan dari menjual produksi produk barang atau jasa, seperti berdagang, membuat kerajinan, hewan ternak, dll.

Peran masyarakat luar negeri dalam perekonomian adalah kegiatan dalam perdagangan Internasional.

Masyarakat sebagai distributor: Peran ini dapat terwujud jika masyarakat menjadi penyalur bahan produksi ke konsumen.

Masyarakat keluarga sebagai konsumen: Setiap kelompok masyarakat tentu membutuhkan barang dan jasa untuk kelangsungan usaha dan hidupnya. Masyarakat adalah pengguna produk-produk umum.

3.      Perusahaan

Perusahaan adalah suatu badan usaha yang menjalankan suatu kegiatan yang menghasilkan produk dan jasa yang bertujuan memperoleh keuntungan. Peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi adalah sebagai berikut:

1.      Perusahaan sebagai produsen: Peran utama perusahaan untuk produksi dengan menghasilkan keuntungan. Tentu saja perusahaan berperan sebagai produsen

2.      Perusahaan sebagai distributor: distributor agar produknya sampai kekonsumen.

3.      Perusahaan sebagai konsumen: Kegiatan konsumsi perusahaan berkaitan erat dengan kegiatan produksi, misalnya pengadaan bahan pokok,pengadaan alat dan bahan dan pendanaan upah karyawan.

4.      Pemerintah

Pemerintah adalah lembaga kepemerintahan yang tugasnya untuk memperhatikan kegiatan perekonomian tetap berjalan. Peran pemerintah dalam kegiatan perekonomian adalah sebagai berikut:

1.      Pemerintah sebagai produsen: Pemerintah terlibat dalam peran untuk mewujudkan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat Indonesia. Sebagai pelaksana kegiatan produksi pemerintah membuat Badan Usaha MilikNegara (BUMN)

2.      Pemerintah sebagai distributor: Penyaluran sesuatu dari yang berlebihan kepada yang kekurangan agar terwujudnya kesejahteraan secara merata

3.      .Pemerintah sebagai konsumen: Dalam pemenuhan kebutuhan untuk menjalankan tugasnya, pemerintah membutuhkan dana yang akan digunakan. Kata pemenuhan kebutuhan yang dikatakan pemerintah adalah konsumen. Contohnya adalah untuk membeli peralatan. Kegiatan konsumsi  pemerintah memiliki tujuan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan membangun sarana prasarana negara.

Demikian anak – anak materi yang saya sampaikan, Kemudian silahkan untuk dibaca sendiri Buku Paket Kelas VIII, Halaman135 -154.

Dan selanjutnya sialhkan dikerjakan tugas berikut dengan penuh tanggung jawab

1.Jelaskan apa yang kamu ketahui tentan keunggulan dan keterbatasan antarruang dalam permintaan, penawaran dan teknologi !

2.Jelaskan perbedaan permintaan dengan penawaran !

3.Sebutkan 5 faktor yang mempengaruhi penawaran !

4.Jelaskan pengertian pelaku ekonomi

5.Coba berikan penjelasan secara singkat peran perilaku ekonomi rumah keluarga atau rumah tangga konsumen !