Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Arti Penting Memahami Keberagaman dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Arti Penting Memahami Keberagaman dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika


Undang-undang no 6 Tahun 1996 tentang Perairan Indonesia menyebutkan, pengertian Negara kepulauan adalah Negara yang seluruhnya terdiri dari satu atau lebih kepulauan dan dapat mencakup pulau-pulau lain.



Dalam konsep wawasan Nusantara, laut bukan merupakan unsur pemisah akan tetapi menjadi unsur  

Karena kondisi kewilayahan, aspek sosial budaya menjadikan kehidupan bangsa Indonesia menyimpan potensi terjadinya konflik. Penting sekali memahami keberagaman dalam masyarakat Indonesia yang ditujukan untuk mengusahakan dan mempertahankan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tanpa kesadaran akan keberagaman yang kita miliki, bangsa Indonesia bisa terjerumus kearah perpecahan.

Dampak Keberagaman

Keberagaman bangsa Indonesia bias memiliki :

Dampak Positif

Memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan

Dampak Negatif

Mengakibatkan ketidak harmonisan bahkan kehancuran bangsa dan negara

Keberagaman justru menciptakan kesatuan bangsa.

Kesatuan adalah upaya untuk mempersatukan perbedaan suku, adat istiadat, ras dan agama untuk menjadi satu yaitu bangsa Indonesia.

Bhinneka Tunggal Ika adalah motto atau semboyan bangsa Indonesia. Dalam buku Empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara .

Dalam byuku tersebut mengutip pendapat Suhandi Sigit. Menyatakan Bhinneka Tunggal Ika dapat ditemukan dalam kitap Sutasoma yang ditulis oleh Mpu Tantular pada abad XIV dimasa kerajaan Majapahit.

Dalam kitab tersebut Mpu Tantular menulis : Rwaneka dhatu winuwus Buddha wiswa, Bhinneki rahwa ring apan kena parwanosen mangkang jinarwa kalawan siwatatwa tunggal, Bhinneki Tunggal Ika tan hana dharma mangrwa

( Bahwa agama Buddha dan Siwa ( Hindu) merupakan zat yang berbeda, tetapi nilai-nilai kebenaran jina (Buddha) dan Siwa adalah Tunggal, terpecah belah tetapi satu jua.

Artinya tidak ada dharma yang mendua. (dalam Bahasa jawa kuno, secara harfiah mengandung arti Bhinneka( beragam ), Tunggal ( satu ), Ika ( itu ), yaiyu beragam itu satu.

Dikaki burung Garuda Pancasila mencengkeram sebuah pita yang bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika yang dapat diartikan Berbeda-beda tetapi tetap satu, yang mengandung makna bahwa walaupun bangsa Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa, adat istiadat, ras dan agamayang beraneka ragam , nmun keseluruhannya merupakan suatu persatuan dan kesatuan.

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa Indonesia sebagai dasar untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan Indonesia. Dimana harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti hidup saling menghargai antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya tanpa memandang suku bangsa, agama, Bahasa, adat istiadat, warna kulit dan lainnya.

Tanpa adanya kesadaran sikap dan perilaku untuk menjadikan Bhinneka Tunggal Ika pasti akan terjadi perpecahan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena sikap orang akan hanya mementingkan diri / daerahnya sendiri daripada kepentingan bangsa dan negara.


 Jawablah pertanyaan di bawah ini !!

  1. Apa arti Bhinneka Tunggal ika yang terdapat dalam kaki burung Garuda Pancasila ?
  2. Siapa yang pertama kali mengungkapkan istilah Bhinneka Tunggal ika?
  3. Dapat ditemukan dalam buku apa?