KI |
KD |
MATERI POKOK |
Indikator |
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata |
3.6
Menerapkan konsep kemagnetan, induksi elektromagnetik, dan pemanfaatan
medan magnet dalam kehidupan sehari-hari termasuk pergerakan/navigasi
hewan untuk mencari makanan dan migrasi. |
Kemagnetan |
Menyebutkan
contoh binatang yang memanfaatkan medan magnet bumi |
Menyebutkan
contoh feromagnetik, atau
diamagnetik |
|||
Disajikan
gambar beberapa magnet batang, siswa dapat menentukan kutub – kutubnya bila
diketahui interaksinya dan salah satu kutubnya |
|||
Menyebutkan cara – cara manghilangkan kemagnetan
bahan |
|||
Disajikan gambar membuat magnet, siswa dapat
menentukan interaksi dua magnet yang dibuatnya |
|||
Menghitung
besar gaya Lorentz |
|||
Menganalisis
terbentuknya kutub magnet batang yang dipotong menjadi
dua bagian |
|||
Menyebutkan
cara –cara menimbulkan GGL Induksi |
|||
Disajikan gambar, siswa dapat memilih pernyataan
yang benar berdasar prinsip induksi elektromagnetik |
|||
Menghitung tegangan sekunder pada transformator
ideal |
|||
3.7
Memahami konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia. |
Bio Teknologi |
Menjelaskan
prinsip dasar bioteknologi |
|
Menjelaskan
perbedaan prinsip dasar pengembangan bioteknologi konvensional
dan modern |
|||
Menyebutkan mikro organisme pada salah satu produk bioteknologi
pangan |
|||
Menyebutkan
jamur yang terlibat dalam pembuatan tempe |
|||
Menyatakan
tujuan pemberian hormon bovine somatitropin (bST) pada ternak. |
|||
Mengemukakan
alasan pemanfaatan bioteknologi modern dalam bidang pertanian |
|||
Disajikan
deskripsi proses penerapan bioteknologi peternakan, siswa dapat menyimpulkan
teknik yang digunakan. |
|||
Disajikan
beberapa pernyataan tentang dampak negatif pemanfataan tanama transgenik, siswa
dapat mengidentifikasi dampak terhadap lingkungan |
|||
Menyebutkan
bioteknologi yang diaplikasikan dalam bidang kesehatan |
|||
3.8
Menghubungkan konsep partikel materi (atom ion, dan molekul), struktur
zat sederhana dengan sifat bahan yang digunakan dalam kehidupan
sehari-hari, serta dampak penggunaannya terhadap kesehatan
manusia. |
Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup |
Menjelaskan
salah satu partikel penyusun benda dan tubuh makhluk hidup |
|
Menyebutkan
partikel-partikel penyusun atom |
|||
Menentukan
nomor atom berdasarkan gambar konfigurasi elektron |
|||
Menyebutkan
sifat – sifat kimia zat |
|||
|
|||
Memilih
bahan untuk menurunkan titik beku |
|||
Memilih
bahan untuk keperluan tertentu sesuai sifat fisiknya |
|||
3.9
Menghubungkan sifat fisika dan kimia tanah, organisme yang hidup dalam
tanah, dengan pentingnya tanah untuk keberlanjutan kehidupan. |
Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan |
Disajikan
deskripsi pengamatan terhadap tanah, siswa dapat menyimpulkan keadaan tanah. |
|
Menyebutkan
peran organisme tanah |
|||
Menentukan
jenis tanah berdasarkan tekstur tanah |
|||
Menyebutkan
faktor – faktor pembentukan tanah |
|||
Mengidentifikasi
penyebab hilangnya mineral dan mikroorganisme dalam tanah. |
|||
Mengidentifikasi
berbagai komponen tanah yang berada di lingkungan |
|||
Mengidentifikasi
lapisan-lapisan tanah dan karakteristik tanah |
|||
Menyebutkan
proses alam yang menyebabkan perubahan sifat – sifat tanah |
|||
3.10
Menganalisis proses dan produk teknologi ramah lingkungan untuk keberlanjutan
kehidupan. |
Teknologi Ramah Lingkungan |
Mendefinisikan
teknologi ramah lingkungan |
|
Mengidentifikasi
syarat – syarat teknologi ramah lingkungan |
|||
Menyebutkan
perbedaan bahan bakar fosil dan biofuel |
|||
Mendeskripsikan
pengolahan minyak bumi |
|||
Menyebutkan
keunggulan panel surya |
|||
Memilih
produk teknologi ramah lingkungan |