Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kisi - Kisi Penilaian Akhir Semester | PAS Kelas 9 2020 - 2021 Bahasa Indonesia

 

NO

KOMPETENSI INTI

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

INDIKATOR SOAL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Memahami pengetahuan ( faktual, konseptual, dan prosedural ) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

 

 

 

 

 

3.3 Mengidentifikasi informasi berupa kririk, sanggahan, atau pujian dari teks tanggapan ( lingkungan hidup, kondisi sosial, dan / atau keragaman budaya, dll. ) yang didengar dan / atau dibaca.

Isi teks

 

 

 

Isi teks

 

 

Makna kata

 

 

Simpulan

 

 

Gagasan utama

 

 

Objek tanggapan

 

 

Isi teks

 

 

Kalimat pujian

 

 

Kalimat kritik

 

 

Kalimat saran

 

 

Tanggapan positif

 

 

Hal yang ditangapi

 

 

Bentuk tanggapan

 

 

Ketidaksetujuan

 

 

 

Keunggulan buku

 

 

Kekurangan buku

 

 

Bagian teks

 

 

Bagian teks

 

 

Jenis karya yang ditanggapi

 

Kalimat mendukung

 

Keberpihakan

Penulis

 

Kalimat tidak

efektif

 

Konjungsi antarkalimat

 

 

Kata rujukan

 

 

 

Konjungsi kausatif

 

 

 

 

1.        Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang terdapat dalam teks tanggapan dengan tepat.

2.        Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan jawaban sesuai isi teks  dengan tepat.

3.        Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan makna kata yang terdapat dalam teks dengan tepat.

4.        Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan simpulan isi teks dengan tepat.

5.        Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan gagasan utama teks dengan tepat.

6.        Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan objek tanggapan dengan tepat.

7.        Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan permasalahan yang dibahas dalam teks  dengan tepat.

8.        Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat pujian dalam teks  dengan tepat.

9.        Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat kritikan dalam teks  dengan tepat.

10.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat saran dalam teks  dengan tepat.

11.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan tanggapan positif dalam teks  dengan tepat.

12.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan hal yang ditanggapi dalam teks  dengan tepat.

13.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan bentuk tanggapan yang berupa pujian  dengan tepat.

14.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan ketidaksetujuan dengan tepat.

15.    Disajikan dua buah paragraf, peserta didik dapat menentukan keunggulan buku dengan tepat.

16.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kekurangan buku dengan tepat.

17.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan bagian teks dengan tepat.

18.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan bagian teks dengan tepat.

19.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan jenis karya yang ditanggapi dengan tepat.

20.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan dukungan dengan tepat.

21.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan keberpihakan penulis dengan tepat.

22.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat tidak efektif dengan tepat.

23.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan konjungsi antarkalimat dengan tepat.

24.    Disajikan empat kalimat, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan kata rujukan dengan tepat.

25.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan konjungsi kausatif  dengan tepat.

3.4. Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks cerita inspiratif.

Isi teks

 

Tema

 

Isi teks

 

 

Isi teks

 

 

 

Unsur teks

 

 

Bukti latar

 

 

Suasana

 

 

 

Makna simbol

 

 

Bagian teks

 

 

Bagian teks

 

 

Latar

 

 

Watak tokoh

 

 

Nilai moral

 

 

Nilai kehidupan

 

 

Amanat

 

Sudut pandang

 

 

Konflik

 

 

Makna kata

 

 

Majas personifikasi

 

Bukti watak

 

 

Kalimat langsung

 

 

Paragraf

 

 

Kalimat deskriptif

 

 

Keterangan waktu

 

 

 

Majas metafora

 

26.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan isi teks dengan tepat.

27.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan tema dengan tepat.

28.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang tidak sesuai teks dengan tepat.

29.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam teks dengan tepat.

30.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan unsur teks cerita inspiratif dengan tepat.

31.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan bukti latar dengan tepat.

32.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan perasaan yang muncul setelah membaca teks dengan tepat.

33.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan makna simbol dalam teks dengan tepat.

34.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan bagian teks dengan tepat.

35.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan bagian teks dengan tepat.

36.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan latar cerita dengan tepat.

37.    Disajikan dua buah paragraf, peserta didik dapat menentukan perbedaan karakter tokoh dalam teks dengan tepat.

38.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan nilai moral yang terkandung dalam teks dengan tepat.

39.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan nilai kehidupan yang terkandung dalam teks dengan tepat.

40.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan amanat dengan tepat

41.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan sudut pandang pengarang dengan tepat.

42.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan konflik dalam teks dengan tepat.

43.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan makna kata dengan tepat.

44.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan majas personifikasi dengan tepat.

45.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan bukti watak tokoh dalam teks dengan tepat.

46.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat langsung yang terdapat dalam teks dengan tepat.

47.    Disajikan bebrapa kalimat acak, peserta didik dapat menyusun kalimat menjadi paragraf padu dengan tepat.

48.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat deskriptif dengan tepat.

49.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menggunakan keterangan waktu dalam teks dengan tepat.

50.    Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan majas metafora yang terdapat dalam teks dengan tepat.