NO |
KOMPETENSI
INTI |
KOMPETENSI
DASAR |
MATERI
POKOK |
INDIKATOR
SOAL |
|
3. Memahami
pengetahuan ( faktual, konseptual, dan prosedural ) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata. |
3.3
Mengidentifikasi informasi berupa kririk, sanggahan, atau pujian dari teks
tanggapan ( lingkungan hidup, kondisi sosial, dan / atau keragaman budaya,
dll. ) yang didengar dan / atau dibaca. |
Isi teks Isi teks Makna kata Simpulan Gagasan utama Objek tanggapan Isi teks Kalimat pujian Kalimat kritik Kalimat saran Tanggapan positif Hal yang ditangapi Bentuk tanggapan Ketidaksetujuan Keunggulan buku Kekurangan buku Bagian teks Bagian
teks Jenis karya yang ditanggapi Kalimat mendukung Keberpihakan Penulis Kalimat tidak efektif Konjungsi antarkalimat Kata rujukan Konjungsi kausatif |
1.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan pernyataan yang terdapat dalam teks tanggapan dengan tepat. 2.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan jawaban sesuai isi teks
dengan tepat. 3.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan makna kata yang terdapat dalam teks dengan tepat. 4.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan simpulan isi teks dengan tepat. 5.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan gagasan utama teks dengan tepat. 6.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan objek tanggapan dengan tepat. 7.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan permasalahan yang dibahas dalam teks dengan tepat. 8.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan kalimat pujian dalam teks
dengan tepat. 9.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan kalimat kritikan dalam teks
dengan tepat. 10.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan kalimat saran dalam teks
dengan tepat. 11.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan tanggapan positif dalam teks
dengan tepat. 12.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan hal yang ditanggapi dalam teks
dengan tepat. 13.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan bentuk tanggapan yang berupa pujian dengan tepat. 14.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan kalimat yang menyatakan ketidaksetujuan dengan tepat. 15.
Disajikan dua buah paragraf, peserta didik dapat
menentukan keunggulan buku dengan tepat. 16.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan kekurangan buku dengan tepat. 17.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan bagian teks dengan tepat. 18.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan bagian teks dengan tepat. 19.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan jenis karya yang ditanggapi dengan tepat. 20.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan kalimat yang menyatakan dukungan dengan tepat. 21.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan keberpihakan penulis dengan tepat. 22.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan kalimat tidak efektif dengan tepat. 23.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan kalimat yang menggunakan konjungsi antarkalimat dengan tepat. 24.
Disajikan empat kalimat, peserta didik dapat
menentukan kalimat yang menggunakan kata rujukan dengan tepat. 25.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan kalimat yang menggunakan konjungsi kausatif dengan tepat. |
3.4.
Menelaah struktur, kebahasaan, dan isi teks cerita inspiratif. |
Isi teks Tema Isi teks Isi teks Unsur teks Bukti latar Suasana Makna simbol Bagian teks Bagian teks Latar Watak tokoh Nilai moral Nilai kehidupan Amanat Sudut pandang Konflik Makna kata Majas personifikasi Bukti watak Kalimat langsung Paragraf Kalimat deskriptif Keterangan waktu Majas metafora |
26.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan isi teks dengan tepat. 27.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan tema dengan tepat. 28.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan pernyataan yang tidak sesuai teks dengan tepat. 29.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam teks dengan tepat. 30.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan unsur teks cerita inspiratif dengan tepat. 31.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan bukti latar dengan tepat. 32.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan perasaan yang muncul setelah membaca teks dengan tepat. 33.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan makna simbol dalam teks dengan tepat. 34.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan bagian teks dengan tepat. 35.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan bagian teks dengan tepat. 36.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan latar cerita dengan tepat. 37.
Disajikan dua buah paragraf, peserta didik dapat
menentukan perbedaan karakter tokoh dalam teks dengan tepat. 38.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan nilai moral yang terkandung dalam teks dengan tepat. 39.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan nilai kehidupan yang terkandung dalam teks dengan tepat. 40.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan amanat dengan tepat 41.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan sudut pandang pengarang dengan tepat. 42.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan konflik dalam teks dengan tepat. 43.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan makna kata dengan tepat. 44.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan majas personifikasi dengan tepat. 45.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan bukti watak tokoh dalam teks dengan tepat. 46.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan kalimat langsung yang terdapat dalam teks dengan tepat. 47.
Disajikan bebrapa kalimat acak, peserta didik
dapat menyusun kalimat menjadi paragraf padu dengan tepat. 48.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan kalimat deskriptif dengan tepat. 49.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan kalimat yang menggunakan keterangan waktu dalam teks dengan tepat. 50.
Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat
menentukan majas metafora yang terdapat dalam teks dengan tepat. |