NO |
KOMPETENSI
INTI |
KOMPETENSI
DASAR |
MATERI |
INDIKATOR
SOAL |
1. |
3. Memahami dan menerapkanpengetahuan faktual,konseptual,
proseduraldan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan dan kenegaraan terkait fenomena
dan kejadian tampak mata. |
3.3 Menganalisis
ketergantungan antarruang dilihat darikonsep ekonomi(produksi,
distibusi,konsumsi,harga,pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi
penduduk,transportasi,lembaga sosial dan ekonomi,pekerjaan, pendidikan
dankesejahteraan masyarakat. |
pengertian
perdagangan Internasional |
menjelaskan
pengertian perdagangan internasional |
2. |
|
|
Perbedaan
perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional |
mengidentifikasi perbedaan antara perdagangan dalam negeri dengan perdagangan
internasional |
3. |
|
|
faktor pendorong perdagangan
internasional |
menjelaskan faktor yang
mendorong perdagangan internasional |
4. |
|
|
faktor penghambat perdagangan
internasional |
menjelaskan faktor yang
menghambat perdagangan internnasional |
5. |
|
|
|
menerapkan kebijakan yang diberlakukan
pemerintah dalam perdagangan internasional |
6. |
|
|
manfaat perdagangan
internasional |
menjelaskan manfaat perdagangan internasional |
7. |
|
|
dampak perdagangan
internasional |
menganalisa dampak perdagangan
internasional bagi kehidupan negara |
8. |
|
|
pengertian ekonomi kreatif |
menjelaskan pengertian ekonomi kreatif |
9. |
|
|
sub sektor ekonomi kreatif |
mendiskripsikan gambar bentuk sub
sektor ekonomi kreatif |
10. |
|
|
kegiatan ekonomi kreatif |
mengidentifikasi dampak ekonomi
kreatif |
11. |
|
|
strategi pemerintah dalam
pengembangan ekonomi kreatif |
menjelaskan strategi pemerintah dalam
pengembangan ekonomi kreatif |
12. |
|
|
memanfaatkan persaingan sebagai
peluang meraih keunggulan ekonomi |
membedakan antara keunggulan absolut
dengan keunggulan komparatif |
13. |
|
|
|
mengidentifikasi potensi yang dimiliki
Indonesia dalam menghadapi persaingan
pasar bebas |
14. |
|
|
pengembangan pusat - pusat keunggulan
ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat |
mengidentifikasi pusat - pusat
keunggulan ekonomi di Indonesia |
15. |
|
|
pengaruh pusat-pusat keunggulan
ekonomi |
mengidentifikasi pengaruh pusat -
pusat keunggulan ekonomi di Indonesia |
16. |
|
|
pasar bebas |
menjelaskan pengertian perdagangan
bebas |
17. |
|
|
Organisasi ekonomi
dalamperdagangan bebas |
mengidentifikasi organisasi ekonomi
yang berkaitan dengan perdagangan bebas |
18. |
|
|
|
menjelaskan latar belakang berdirinya organisasi ekonomi dalam rangka perdagangan bebas |
19. |
|
|
|
mengidentifikasi dampak perdagangan
bebas |
20. |
|
3.4 Menganalisa kronologi,
perubahan dan kesinambungan ruang ( geografis,politik, ekonomi, pendidikan,
sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi |
perubahan dan kesinambungan
masyarakat Indonesia pada masa awal kemerdekaan |
menjelaskan tujuan Jepang memberikan janji kemerdekaan
kepada Indonesia |
21. |
|
|
|
menjelaskan tujuan pembentukan Badan
Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia |
22. |
|
|
|
menyimpulkan manfaat peristiwa Rengasdengklok |
23. |
|
|
|
mengidentifikasi tokoh penyusunan teks
proklamasi |
24. |
|
|
|
mengidentifikasi perjuangan fisik
mempertahankan kemerdekaan |
25. |
|
|
|
Mengidentifikasi pada peta pengakuan
wilayah Indonesia melalui perjuangan
diplomasi |
26 |
|
|
|
mendiskripsikan arti penting perjuangan mempertahankan
kemerdekaan melalui perjuangan
diplomasi |
27. |
|
|
|
mengidentifikasi perkembangan politik
Indonesia pada masa setelah
kemerdekaan |
28. |
|
|
|
menjelaskan kebijakan bidang ekonomi pada Awal Kemerdekaan |
29. |
|
|
|
mengidentifikasi tujuan
gangguan keamanan yang terjadi pada awal kemerdekaan |
30. |
|
|
|
mengidentifikasi ciri kehidupan
masyarakat pada masa setelah kemerdekaan |
31. |
|
|
perubahan dan kesinambungan masyarakat
Indonesia pada masa Demokrasi Liberal |
mengidentifikasi ciri pemerintahan
pada masa Demokrasi Liberal |
32. |
|
|
|
menganalisa penyebab ketidakstabilan
politik pada masa Demokrasi Liberal |
33. |
|
|
|
mengidentifikasi pelaksanaan
Pemilu 1955 |
34. |
|
|
|
mengidentifikasi
tujuan gangguan keamanan yang
terjadi pada masa Demokrasi Liberal |
35. |
|
|
|
menjelaskan
kebijakan ekonomi pada masa Demokrasi Liberal |
36. |
|
|
perubahan dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa
Demokrasi Terpimpin |
mengidentifikasi Dekrit Presiden
5 Juli 1959 |
37. |
|
|
|
mengidentifikasi penyimpangan
politik pada masa Demokrasi Terpimpin |
38. |
|
|
|
mengidentifikasi penyimpangan
politik luar negeri pada masa Demokrasi Terpimpin |
39. |
|
|
|
menjelaskan kebijakan ekonomi
pada masa Demokrasi Terpimpin |
40.. |
|
|
perubahan
dan kesinambungan masyarakat Indonesia pada masa Orde Baru |
menjelaskan kebijakan politik
pada masa Orde Baru |
41. |
|
|
|
menjelaskan kebijakan ekonomi
pada masa Orde Baru |
|
|
|
|
mengidentifikasi ciri kehidupan
masyarakat pada masa Orde Baru |
42.. |
|
|
perubahan dan kesinambungan masyarakat
Indonesia pada masa Reformasi |
Mendeskripsikan lahirnya Reformasi |
43. |
|
|
|
menjelaskan kebijakan ekonomi
pada masa Reformasi |
44. |
|
|
|
menjelaskan kehidupan budaya
pada masa Reformasi |